Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Wednesday, 03 February 2010

Pengantar Tehnologi Informatika

1. PENGERTIAN DASAR

1.1. Pengertian Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.


Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.


Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.


Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.


Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.


Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).


Pengertian brianware ini bisa mencakup orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan


Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia untuk menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.









1.2. Generasi Komputer

Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini kemudian diganti dengan generasi transistor, dan akhirnya timbul generasi ketiga dengan munculnya IC-Chip. Kini banyak diperdebatkan, apakah Microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC-Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke-empat, ataukah masih tetap pada generasi ketiga


Alasan yang mendukung adalah, kemampuan dari Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang yang menolak mengatakan, bahwa konsep dasar Microprocessor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC-Chip belaka. Dengan demikian, pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan kelima, tetapi ada juga yang masih berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ketiga.


a. Generasi Pertama.
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin


Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.


Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts


b. Generasi Kedua.
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.


Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah


Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.


Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.


c. Generasi Ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.


Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON" ataupun "OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.


IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964 seperti nampak pada gambar disebelah.


Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory seperti yang nampak pada gambar.


d. Generasi ke-empat
Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.


Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.


Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb seperti halnya pada gambar disebelah, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.


IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.


d. Generasi Berikutnya
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.


Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.


Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium - 3.


Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.


HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER









1.3. Pengertian Komputer Berdasar Golongan

a. General Purpose Computer
Sesuai dengan arti dari nama yang dimilikinya, maka komputer jenis ini bisa digunakan untuk menyelesaikan aneka macam pekerjaan sesuai dengan program yang digunakan. Komputer yang secara umum kita temui adalah termasuk general-purpose computer.


b. Special-purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.


Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.


Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game
MENGENAL DUNIA KOMPUTER






1.4. Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya

a. Komputer Mikro (Personal Computer)
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.


Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.


Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.


Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).


Pada konsep LAN yang merupakan sebuah jaringan, terdapat sebuah otak/pengendali yang disebut sebagai server dan beberapa anggota yang disebut sebagai terminal. Secara pisik bentuk server ataupun terminal tidak berbeda dengan bentuk sebuah PC. Hubungan server dan terminal, dilakukan melalui sebuah kabel. Data yang berasal dari pelbagai terminal, akan disimpan secara terpusat oleh server.


Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan komunikasi data dengan personal komputer lainnya ditempat yang saling berjauhan. Dengan menggunakan sebuah modem, maka data yang berasal dari komputer akan dirubah menjadi gelombang suara, dan suara inilah yang kemudian dikirim melalui kabel telpon. Modem yang ada ditempat lain, akan menangkap gelombang suara ini dan merubah bentuknya menjadi gelombang yang bisa diproses oleh komputer.


Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN hanya bisa digunakan untuk tempat yang tidak terlalu jauh (saat ini diartikan sebagai: tidak lebih dari 9.000 meter), dan biasanya masih terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. Kabel yang digunakan pada LAN adalah kabel digital, sehingga data bisa langsung dikirim tanpa perlu merubah bentuk seperti halnya yang dilakukan oleh modem.


Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.


Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.


Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan sesama note-book ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling berjauhan.


b. Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.


Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400


c. Komputer Mainframe
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.


Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.


Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.


Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.


d. Super-komputer
Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.


Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.







1.5. Pengertian Komputer Menurut Data Yang Diolah

Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.



a. Digital Komputer
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.


b. Komputer Analog.
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.


Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.


c. Hibrid Komputer
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.







1.6. Konsep Dasar Komputer

Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya.


Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer
selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.


a. Input Device.
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.


b. Central Processing Unit (CPU).
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengi-ngat, mengurutkan maupun membandingkan.


Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi:
o Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.
o ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
o Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.


CPU juga disebut sebagai microprocessor. Untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Semakin tinggi bit yang dimiliki, semakin cepat pula kecepatan prosesnya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah frekwensi kerja komputer. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.


Microprocesor Pentium-4, telah dirilis pada akhir tahun 2000. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor ini. Pentium-4 memiliki kecepatan proses 1.5 GHz dilengkapi dengan 42 juta transistor serta 144 perintah baru, 400 MHz frekwensi bus efektif menyebabkan kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium - 3.


c. Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.


d. External Memory.
External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak


Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.







1.7. PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.


Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.


Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.


Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
1.8. Hirarchi Penyajian Data

Pengertian data yang diolah oleh komputer, cara penyajiannya dapat dibagi dalam beberapa tingkatan/hirarchi, yaitu:


a. Byte/Karacter
Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf (A s/d Z, atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9), ataupun berbentuk tanda baca lainnya lagi.


b. Field
Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.


c. Record
Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada akhirnya membentuk sebuah record.

d. File
File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar adalah sebagai berikut: Byte/Character -> Field --> Record --> File
MENGENAL DUNIA KOMPUTER








1.9. SISTEM BILANGAN


Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).


Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5 ditulis dalam bentuk 00091 dan huruf D ditulis dalam 1990. Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan didalamnya.


Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan tulisan yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.


Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan ini kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.


Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 9, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.


a. Sistem Bilangan Desimal
Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 9 buah. Dalam contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X91) + (7X91) + (6X92) + (3X93). Angka 9 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal.


b. Sistem Bilangan Binary
Karena sistem bilangan binary hanya memiliki angka 0 dan 1 saja, maka nilai 199 dalam bilangan biner dapat diartikan sebagai: (0X20) + (1X21) + (0X22) + (1X23) + (1X24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan biner


Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary, maka langkah yang bisa dilakukan adalah: a. Apabila bilangan tersebut bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan (lihat gambar disebelah). Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis.


Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary, langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya pada penjumlahan tersebutmehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1 (lihat contoh).


Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata angka yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh).


Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal. Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada.


Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat pada contoh yang ada.


c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal
Selain menggunakan sistem binary, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan dasar sebanyak 8 dan sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai bilangan dasar sejumlah 16. Susunan angka yang dimiliki kedua bilangan, seperti yang nampak pada gambar.


Walaupun demikian, komputer tetap bekerja dengan menggunakan sistem binary. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan saat mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin penulisan menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam memory komputer. Octal senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa desimal dalam empat angka.


Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8 buah, yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka yang dimilikinya.


Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan ini jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi ataupun perhitungan-perhitungan lainnya.


d. System BCD
Pada awalnya, system BCD (Binary Coded Decimal), menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap digit didalam bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk 4-bit binary. sebagai contoh, bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 091 009.


Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya sanggup menampung data sebanyak 24 atau 16 karakter yang berbeda, maka sistem BCD ini kemudian disempurnakan dengan menggunakan 6-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan demikian, data yang disajikan akan menjadi lebih banyak lagi, yaitu 26 atau sejumlah 64 karakter yang berbeda-beda.


f. System EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini,
tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.


g. System ASCII
ASCII(American Standart Code for Informa tion Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi pelbagai kesalahan yang timbul.



LATIHAN

Pertanyaan Ulangan :
1. Bagaimana definisi/pengertian saudara mengenai komputer?
2. Kenapa komputer memerlukan adanya program dan apakah yang dimaksud dengan program itu sendiri?
3. Apa fungsi brianware pada pengertian komputer?
4. Komputer generasi keberapakah yang ada pada saat ini, dan berikan alasan kenapa saudara memberikan jawaban tersebut.
5. Sebutkan contoh komputer generasi kedua berikut teknologi yang digunakan.
6. Dibanding dengan tabung hampa udara, maka transistor memiliki banyak keunggulan, sebutkan keunggulan-keunggulan tersebut.
7. Sebuah komputer bisa disebut sebagai PC, MINI ataupun MAINFRAME karena faktor apa?
8. Apa yang dimaksud dengan single user dan multi user?
9. Komputer PC yang ada dilaboratorium dan digunakan untuk praktikum para mahasiswa, bisa dikatagorikan sebagai single ataukah multi user?, berikan alasan saudara.
10. Dibanding dengan Mini ataupun Mainframe, komputer PC ternyata mempunyai banyak keunggulan, sebutkan tiga keunggulan tersebut
11. Apa kelemahan PC yang paling mendasar jika dibanding dengan Mini ataupun Mainframe?
12. Data didalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat banyak dan beragam, bisakah saudara menceritakan pengertian data tersebut?
13. Jenis data yang bagaimana yang bisa diolah oleh komputer, dan sebutkan pula jenis komputer yang harus digunakan untuk mengolah data-data tersebut.
14. Konsep robot itu merupakan perkembangan dari komputer jenis apa dan biasanya digunakan untuk apa?
15. Sebutkan bagian-bagian yang paling mendasar dari sebuh komputer.
16. Sebutkan pula bagian-bagian dari Central Processing Unit.
17. Arithmatic Logical Unit itu berfungsi untuk apa?
18. Media disket yang biasa kita gunakan, termasuk input, output ataukah input/output device?, berikan alasan saudara.
19. Kenapa disket diperlukan oleh sistem komputer?
20. Dapatkah saudara menerangkan tentang perbedaan pengertian antara Field dan File, Bit dan Byte?
21. Terangkan, kenapa konsep binary, oktal dan hexa desimal digunakan dalam sistem komputer
22. Dapatkah saudara mengkonversikan bilangan 125 (desimal) kedalam binary ?
23. Kenapa 4-bit BCD dikatakan tidak efisien?
24. Dapatkah saudara menceritakan tentang pengertian dari ASCII dan EBCDIC?
25. Dimana letak perbedaan antara ASCII dan EBCDIC?








2. MEDIA PENYIMPAN DAN ORGANISASI FILE

2.1. Pengertian Dasar

Media penyimpanan data didalam komputer disebut sebagai memory atau storage ataupun gudang. Dalam hal ini, pengertian memory terbagi menjadi 2 (dua), yaitu: internal memory dan external memory.


Internal memory merupakan suatu memory yang terletak didalam CPU dan karena itu sering disebut sebagai internal memory atau internal storage ataupun main memory atau memory utama atau hanya disebut sebagai memory. Sedangkan memory yang berada diluar CPU dikatakan sebagai external memory atau secondary storage ataupun external storage dan kadang-kadang juga disebut sebagai backing storage.


Dalam kehidupan sehari-hari, otak manusia juga bisa di-analogikan sebagai internal memory atau memory utama atau memory yang ada didalam diri manusia. Kemudian, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar tubuh manusia.


Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca. Membaca artinya memindahkan / memasukkan data kedalam otak manusia.
MENGE
2.2. Internal Memory

Memory komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan didalam memory, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya.


Satu kali data tersimpan didalam memory komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memory penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.


Besar kecilnya komputer, ditentukan oleh besar kecilnya memory yang dimilikinya. Apabila komputer memiliki memory besar, maka kemampuan komputer dalam hal menyimpan data juga menjadi besar, demikian pula sebaliknya. Satuan data yang tersimpan didalam memory dinyatakan dengan Byte, Kilo-byte, Mega-byte, ataupun Giga-byte. Dalam hal ini, 1 Character = 1 byte.


Data yang akan diproses ataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam internal memory. Disamping itu, internal memory juga digunakan untuk menyimpan program yang digunakan untuk memproses data. Dengan demikian, kapasitas internal memory harus cukup besar untuk menampung semuanya. Setiap data yang disimpan akan ditempatkan dalam address (alamat) tertentu, sehingga komputer dengan cepat dapat menemukan data yang dibutuhkan.


Apabila ada sebuah data yang masuk ke-address tertentu, dan pada address tersebut telah terisi dengan data yang lama, maka data yang baru akan menumpuk data lama. Dengan demikian, data lama akan tertumpuk/hilang, dan isinya akan diganti dengan data yang baru.


Dengan kemampuan dalam hal menyimpan data yang semakin meningkat, ternyata harga memory juga semakin murah, dan bentuknya juga semakin kecil. Pada tahun 1950-an, harga sebuah memory yang dapat digunakan untuk menyimpan 2.500 character adalah 1 juta dolar. dan pada tahun 1990-an, harga memory untuk ukuran tersebut, hanyalah 50-sen.


Pengertian internal memory terbagi menjadi:
Read Only Memory (ROM), berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik komputer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan didalam ROM, hanya bisa dibaca oleh para pemakai.
Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.


ROM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang sudah tercetak, dimana pemakai hanya bisa melakukan pembacaan data yang ada didalamnya tanpa bisa melakukan perubahan apapun pada tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal.


RAM berfungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai komputer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan, maka program dan data yang tersimpan akan hilang. ROM menyimpan program yang berasal dari pabrik dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akan mengalami gangguan seandainya aliran listrik terputus. Isi RAM bisa dihapus oleh pemakai komputer, isi ROM tidak.


Secara pisik, RAM berbentuk seperti sebuah chip yang sangat kecil, dan saat ini mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB. Apabila pemakai komputer ingin menambah kapasitas memory yang dimilikinya, pemakai tinggal menambahkan chip RAM pada tempat yang telah disediakan (chip-set).


Jika sebuah PC dinyalakan, program yang ada didalam ROM segera mencari lokasi yang digunakan untuk menyimpan operating system apakah terdapat pada disket ataupun harddisk. Jika diketemukan, maka OS ini segera dipindahkan kedalam RAM. Tahap ini dikenal sebagai boot-up. Untuk selanjutnya, program-program aplikasi seperti misalnya: Windows dan lainnya juga dipindahkan kedalam RAM, dan kini komputer siap digunakan oleh pemakai.


Dengan demikian, semakin besar program-program yang digunakan, semakin besar pula tempat yang harus disediakan oleh RAM. Pada gambar terlihat bagaimana Windows dan sebuah paket program Office 2000 ditempatkan dalam sebuah RAM.


Secara prinsip, pengertian RAM terbagi menjadi: Input Area, tempat untuk menampung data-data input yang akan diolah. Program Area, tempat untuk menampung program yang akan dipergunakan untuk memproses data. Working Area, tempat untuk menampung kegiatan pengolahan data yang akan dikerjakan. Output Area, tempat untuk menampung hasil pengolahan data.


ROM biasanya berisi: Program BIOS (Basic Input Output System), program ini berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antara microprocessor kekomponen lain yang meliputi keyboard, monitor, printer dan lainnya. Program BIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostik, atau memeriksa kondisi yang ada didalam dirinya. Program Linkage/Bootstrap, bertugas untuk memindahkan operating system yang tersimpan didalam disket untuk kemudian ditempatkan didalam RAM.


Misalnya, dengan memberi instruksi "SIMPAN" pada sebuah file MS-Word, maka sinyal ini segera dikirm ke-operating sistem. OS segera memeriksa apakah file yang ada benar-benar dapat disimpan, misalnya: nama file sudah benar, disket yang digunakan tidak dalam posisi "read-only" dan sebagainya. Jika semua sudah benar, maka OS segera menggerakkan peralatan yang ada untuk menyimpan file yang bersangkutan dibawah pengawasan BIOS.








2.3. EXTERNAL MEMORY

External memory ataupun external storage ataupun secondary storage ataupun backing storage adalah suatu tempat atau sarana yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory berada diluar CPU.


Data-data yang tersimpan didalam external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya merupakan media magnitic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magentic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak.


a. Disket
Disket merupakan media penyimpanan yang sangat populer bagi personal komputer. Secara pisik, disket terbuat dari lempengan plastik yang berbentuk bundar dimana pada permukaannya dilapisi oleh magnit sebagai tempat untuk menyimpan guratan-guratan data. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan didalam disket tetap terjaga kebersihannya, disket kemudian dibungkus oleh karton yang berbentuk segi empat.


Untuk melakukan pembacaan ataupun penulisan, disket harus dimasukkan kedalam sebuah drive, drive ini kemudian disebut sebagai disket-drive. Pada setiap drive yang ada, telah berisi sebuah shaft dan sebuah drive motor yang berfungsi untuk memutar disket dengan kecepatan sekitar 360 hingga 500 rpm.


Sebuah sinyal elektronik yang datang dari sistem kontrol, akan menyebabkan read/write head yang berfungsi untuk melakukan pembacaan/penulisan untuk terus bergerak diatas permukaan disket yang sedang berputar guna melakukan pembacaan/ penulisan.


Bagian-bagian dari disket adalah :
a. Stress relief cutouts, berfungsi untuk membuka/tutup pengait drive.
b. Read/Write Windows, merupakan jendela yang digunakan untuk membaca dan menulis dari mekanisme drive.
c. Hub ring, berfungsi sebagai pegangan untuk memutar disket.
d. Index Hole, apabila lubang yag ada pada karton/cover menumpuk dengan lubang pada disket, menandakan posisi sector 0.
e. Write, lubang ini apabila dalam posisi terbuka, maka disket bisa dibaca dan ditulis; Apabila tertutup maka disket hanya bisa dibaca saja.
f. Label, digunakan untuk menulis nama pemilik disket ataupun nama program/data yang tersimpan didalamnya.


Tempat yang ada didalam disket terbagi menjadi beberapa track, dan setiap track akan terbagi menjadi beberapa sector. Sector merupakan bagian terkecil dimana data disimpan. Dalam hal ini, setiap sector sanggup menampung hingga 256 charakter. Setiap sector selalu ditandai dengan sebuah address sector, sehingga read/write head dengan cepat dapat menemukan data yang dimaksud. Jumlah sector untuk setiap track tidak sama, tergantung jenis komputer yang digunakan.


Disket yang masih baru harus di-format terlebih dahulu baru bisa digunakan. dari format ini, akan dihasilkan suatu nomor sector yang tersusun secara berurutan, sehingga read/write head bisa menemukan data yang tersimpan. Selain itu, pihak pemakai juga bisa memperkirakan data yang akan disimpan.


Secara pisik, disket mempunyai ukuran: 8 inchi, 5.25 inchi dan 3.5 inchi, walaupun begitu, kapasitas disket tidak diukur secara pisik. Kapasitas disket bisa dilihat dari label yang tertulis, misalnya: DD (Double Density), untuk disket 5.25 inchi mempunyai kapasitas 360 KB, dan disket 3.50 inchi mempunyai kapasitas 720 . Disket dengan label HD (High Density) untuk ukuran 5.25 inchi kapasitasnya 1.2 MB, dan untuk dikset 3.50 inchi kapasitasnya 1.4 MB. Disamping itu, disket ukuran 3.50 inchi ada yang berlabel ED (Enchanced High Density), mempunyai kapasitas 2.8 MB, tetapi belum umum digunakan.


Pengertian density bisa diartikan sebagai kerapatan dalam menyimpan data, sehingga semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah disket, maka daya tampung yang dimilikinya juga semakin tinggi.


Karena data yang tersimpan dalam bentuk guratan-guratan magnetic, disket harus diperlakukan secara hati-hati. Disket harus terhindar dari panas, magnit, lengkungan, sentuhan langsung, kotoran ataupun penulisan label secara langsung dengan menggunakan alat-alat yang tajam/runcing.


b. Hard Disk
Harddisk merupakan salah media penyimpan data yang cukup populer bagi mainframe ataupun PC. Harddisk merupakan media penyimpanan yang memiliki bentuk pisik yang berbeda jika dibanding dengan disket. Secara umum hard disk biasanya terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk). Mekanisme yang menyebabkan data yang tersimpan bisa dibaca ataupun ditulis didalam hard disk, disebut sebagai disk drive.


Didalam hard disk terdapat lempengan-lempengan logam bundar yang disusun berlapis-lapis serta terdapat motor penggerak lempengan logam dan read/write head-nya.


Keunggulan dari hard disk adalah mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar serta memiliki kecepatan pada saat memanggil kembali data yang tersimpan. Harddisk dengan ukuran 3 Giga Byte pada saat ini sudah dianggap terlalu kecil, dan kini mulai beredar harddisk dengan ukuran yang jauh lebih besar.


Didalam pemakaian nya didalam PC, hard disk memerlukan card tambahan yang terdapat didalam komputer dan berfungsi sebagai pengontrol kerja dari hard disk tersebut.


Didalam disk-drive, terdapat suatu alat pemutar yang mampu berputar hingga 3500 rpm atau lebih. Read/Write Head yang ada akan ditumpu dengan suatu lengan yang selalu bergerak untuk menjelajah keseluruh permukaan hard-disk guna mendeteksi ataupun melakukan penulisan/ pembacaan data. Kombinasi antara perputaran hard-disk dan pergerakan lengan inilah yang mampu menentukan posisi setiap track yang ada didalam hard-disk.


Jenis hard disk ada yang menggunakan piringan tunggal, tetapi ada pula yang menggunakan beberapa disk yang dikemas dalam satu bentuk (disk-pack). Disk-pack ini juga mempunyai jenis yang fixed (tetap) dan removable (bisa dipindah). Read/Write head yang dimiliki oleh disk-pack lebih dari satu, yaitu sesuai dengan jumlah piringan yang dimilikinya. Lapis paling atas dan bawah, biasanya hanya digunakan sebagai cover pelindung dan tdk digunakan untuk menulis data.


Program-program komputer pada PC yang tengah populer pada saat ini, seperti misalnya Microsoft Windows, Office, Netscape Communicator dan lainnya lagi, membutuhkan adanya fasilitas hard-disk dengan kapasitas yang cukup besar guna menampung dan menjalankan program-program yang ada.


Western Digital Protege saat ini memproduksi hard disk dengan kecepatan putar 5400 rpm. Rancangan terbaru dari WD ini membuat pisik hard disk terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara menyembunyikan elemen-elemen elektronika pada bagian bawah hard disk. Kapasitas yang dimiliki adalah 20 GB, dengan kecepatan transfer sebesar 90 MB/second.


Hard disk harus diperlakukan secara hati-hati, sebab sangat sensitive terhadap abu, asap ataupun sidik jari yang kadang bisa melekat dipermukaannya, dimana semua itu bisa merusakkan data yang tersimpan didalamnya.


c. Compact Disk
CD-ROM secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya CD audio dan merupakan suatu hasil pengembangan teknologi baru pada tahun 1983, serta bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data dengan kapasitas tinggi. CD ROM secara umum dapat menyimpan data hingga 600 MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabite. Harga CD ROM relative murah apabila dibanding dengan disket ataupun hard disk.


Dengan kapasitas yang begitu besar, maka daya tampung sebuah CD-ROM pada saat ini, bisa disamakan dengan sekitar 430 disket yang berukuran 1.4 MB. Walapun demikian, harga sebuah CD-ROM saat ini, hampir sama dengan harga disket biasa.


Untuk menggunakan CD ROM didalam komputer, diperlukan adanya card tambahan, CD ROM Drive, memory diatas 4 MB, serta beberapa persyaratan lainnya dari hardware maupun software komputer.


Untuk melakukan penyimpanan data, CD ROM menggunakan panas sinar laser yang akan membakar metalic film melalui sebuah lubang khusus. Lubang inilah yang menyajikan data dalam bentuk binary. Dikarenakan hal tersebut, data yang sudah tertulis diatas CD ROM belum bisa untuk diperbaiki/diganti baru.


Dengan demikian, pada awalnya para pengguna hanya bisa membaca untuk kemudian dipindahkan kedalam hard-disk. Ini sesuai dengan namanya, yaitu Compact Disk Read Only Memory. Program-program komputer yang ada pada saat ini, banyak disimpan didalam CD ROM.


Kini banyak beredar CD dengan kemampuan Read and Write, dalam arti kata bisa digunakan untuk menulis dan membaca secara berulang-ulang seperti halnya sebuah disket. Sony CRX75A merupakan salah satu CD yang mempunyai kemampuan tersebut. CRX75A mempunyai kemampuan membaca 8x lebih cepat jika disbanding CD biasa dan 4x lebih cepat untuk kemampuan menulis.


Jenis lain adalah TDK Veldoc 16/9/40. TDK memang merupakan produsen yang baru muncul dalam beberapa tahun ini. Namun tidak berarti teknologi yang ditawarkan merupakan pemula, hal ini bisa dilihat pada produknya yang mempunyai banyak kemampuan, CD-R mempunyai kecepatan membaca 16x, sedang CD-RW mempunyai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x


Hewlett Packard yang merupakan salah satu produsen CDRW tertua didunia, kini memproduksi HP Surestore. Salah satu produk terbarunya adalah Surestore 990 dengan kecepatan pembacaan 8x dan 4x tulis. Walaupun nampak lambat, CDRW dari HP ini juga dilengkapi dengan labeling kit dan software perekam.


Jenis lain dari CD ROM adalah optical disk yang secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya laser disk Karena harganya relatip mahal, optical disk ini menjadi tidak popular bagi para pengguna komputer.


d. Magnetic Tape
Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh komputer. Jenis pertama mempunyai bentuk standart yang memiliki lebar pita 1/2 " (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastik tipis yang dilapisi magnetic pada permukaannya.


Bentuk kedua adalah kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder. Data yang ada disini juga disimpan dalam bentuk kode-kode tertentu seperti halnya yang terdapat dalam pita magnetic ukuran standart. Kaset ataupun catridge banyak digunakan pada komputer jenis home-komputer.


Untuk bisa bekerja, pita magnetic ini harus diletakkan didalam tape drive yang kira-kira bisa disamakan dengan proyektor. Tape akan bergerak terus selama proses penulisan ataupun pembacaan berlangsung dengan melewati read/write head.


Data yang ada akan direkam dalam guratan mangentic. Sekali data tersebut terekam, maka data akan tetap tinggal sampai data tersebut terhapus atau diganti dengan data baru. Secara umum, tape akan menyimpan. Data yang terdapat pada magnetic tape, akan terbagi secara horizontal yang disebut channel atau tracks, dan secara vertical didalam bentuk kolom ataupun frames. Secara umum, tape mempunyai 9-tracks dan data akan dikode-kan dalam ASCII ataupun EBCDIC .


Disamping 9-tracks data, magnetic tape juga ada yang merekam datanya dalam bentuk 7-tracks, dimana track paling atas digunakan sebagai pairity chek, yang berguna bagi komputer untuk melihat apakah tejadi kesalahan dalam hal penyimpanan, perpindahan ataupun saat peng-copy-an data pada setiap characternya.


Pada saat drive dari magnetic tape berputar, maka data-data yang ada akan dibaca satu demi satu. Dalam hal ini, tape membutuhkan adanya suatu tanda untuk mulai dan berhenti pada suatu record data. Pada saat berhenti, dan ketika akan melakukan pembacaan lagi, ada beberapa bagian dari tape yang tidak terbaca, dan bagian ini disebut: inter-record gap yang terjadi diantara setiap block data. Inter-record gap secara otomatis akan terbentuk oleh system komputer setelah selesai merekam karakter yang terakhir.


Ukuran record dalam hal in ditentukan oleh jumlah data yang tersimpan. Beberapa record yang tergabung dalam satu kesatuan disebut sebagai logical record. Beberapa logical record akan tersimpan dalam sebuah phisical record.


Walaupun media magnetic tape memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibanding dengan media lainnya, tetapi media magnetic tape biasanya hanya digunakan sebagai media "back-up" dan bukan sebagai media penyimpan data yang utama. Penyebabnya adalah, media magnetic tape hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan membaca data secara sequential atau berurutan. Dengan demikian, untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan data, jauh lebih lambat jika dibanding dengan penulisan/pembacaan data secara random (acak).








2.4. ORGANISASI FILE
Penyimpanan ataupun penulisan character demi character yang ada didalam external memory, harus diatur sedemikian rupa sehingga komputer bisa dengan mudah menemukan kembali data-data yang tersimpan didalamnya. Aturan inilah yang kemudian dikenal sebagai organisasi file. Dalam hal ini, dikenal ada beberapa metoda, yaitu: Sequential File, Random File dan Index Sequential File.

a. Sequential File
Sequential file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini, data yang ada akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama, demikian pula dengan data berikutnya yang juga akan disimpan ditempat berikutnya.


Dalam melakukan pembacaan data, juga akan dilakukan secara berurutan, artinya, pembacaan akan dimulai dari data paling awal dan dilanjutkan dengan data berikutnya sehingga data yang dimaksud bisa diketemukan.


b. Random File
Random file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung. Dengan demikian, random file juga disebut sebagai Direct Access File (Bisa dibaca secara langsung). Dalam hal ini, tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa, sehingga setiap data akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan nomor data yang dimiliki-nya.


Dikarenakan data yang tersimpan menggunakan teknik yang sedemikian rupa (yaitu random), maka data yang dibutuhkan bisa langsung ditemukan tanpa harus membaca data-data sebelumnya. Walaupun demikian, seandainya diperlukan untuk dibaca secara berurutan, juga dimungkinkan.


c. Index Sequential File
Index Sequential File merupakan perpaduan terbaik dari teknik sequential dan random file. Teknik penyimpanan yang dilakukan, menggunakan suatu index yang isinya berupa bagian dari data yang sudah tersortir. Index ini diakhiri denga adanya suatu pointer (penunjuk) yang bisa menunjukkan secara jelas posisi data yang selengkapnya. Index yang ada juga merupakan record-key (kunci record), sehingga kalau record key ini dipanggil, maka seluruh data juga akan ikut terpanggil.


Untuk membayangkan penyimpanan dan pembacaan data secara sequential, kita bisa melihat rekaman lagu yang tersimpan pada kaset. Untuk mendengarkan lagu kelima, kita harus melalui lagu kesatu, dua, tiga dan empat terlebih dahulu. Pembacaan seperti inilah yang disebut sebagai sequential atau berurutan.


Apabila lagu-lagu yang ada kemudian disimpan didalam compack-disk, maka untuk mendengar kan lagu yang ke-lima bisa langsung dilakukan (dibaca secara random). Disamping itu, dengan compack-disk juga bisa dilakukan pembacaan secara berurutan atau sequential. Compack-disk menyimpan lagu secara random.


Untuk membayangkan penyimpanan data dengan menggunakan teknik index sequential ini, kita bisa melihat daftar isi pada sebuah buku. Pada bagian disebelah kiri disebut sebagai index data yang berisi bagian dari data yang ada. Index data kemudian diakhiri dengan pointer yang menunjukkan posisi keseluruhan isi data.


Sebuah data yang terdiri Nomor, Nama, NL1, Nl2, dan NL3 bisa disimpan dengan menggunakan Nomor sebagai Index. Apabila data tersebut dicetak, maka akan dihasilkan suatu data yang berurutan berdasar Nomor. Nomor yang ada akan tersusun dengan urutan dari kecil keurutan yang lebih besar.


Dari data yang ada, juga bisa dibuat Nama sebagai Index. Apabila data tersebut dicetak, maka akan dihasilkan suatu data yang berurutan berdasar Nama. Nama yang ada akan tersusun dengan urutan dari kecil keurutan yang lebih besar. Pulung yang memiliki abjad terkecil, akan menempati posisi pertama dan Rino pada posisi terakhir.


Gambar yang ada menunjukkan bagaimana record data nilai disimpan didalam media disk ataupun disket dengan menggunakan teknik index sequential. Index data akan dibaca pertama kali oleh komputer, dan dikarenakan didalam index data juga terdapat address maka data yang dicari bisa segera diketemukan.


Sesuai dengan sifat media yang dimilikinya, maka pada sebuah pita magnetic tape, hanya bisa menyimpan data secara sequential; Dengan demikian, cara pembacaan yang dilakukan juga hanya secara sequential, yaitu berurutan satu persatu sampai nomor record yang dikehendaki diketemukan.


Dengan menggunakan Direct Access Methode (metode pembacaan/penulisan secara langsung), maka, record yang tersimpan didalam sebuah disket, Hard-disk, CD ROM ataupun Laser-Disk dapat di-access secara langsung dengan tanpa harus membaca seluruh data yang dimilikinya.


Access dengan menggunakan methoda Index-sequential juga dapat dilakukan oleh media ini. Dengan melakukan access pertama kali pada key-field yang ada, maka akan diketemukan record yang dituju.


Data yang sudah terekam dalam methoda index-sequential juga dapat dilakukan pembacaan secara sequential. Key-field akan dibaca pertama kali secara sequential, dan untuk selanjutnya record yang dituju akan diketemukan.


Merupakan organisasi file yang sederhana. Jarak setiap aplikasi yang tersimpan sangat jelas. Metode penyimpanan didalam memory sangat sederhana, sehingga efisien untuk menyimpan record yang besar. Sangat murah untuk digunakan, sebab medianya cukup menggunakan magnetic tape.


Seandainya diperlukan perubahan data, maka seluruh record yang tersimpan didalam master file, harus semuanya diproses. Data yang tersimpan harus sudah urut (sorted). Posisi data yang tersimpan sangat susah untuk up-to-date, sebab master file hanya bisa berubah saat proses selesai dilakukan. Tidak bisa dilkukan pembacaan secara langsung.


Sangat sesuai untuk kebutuhan File Transaksi, sebab transaksi harus diproses saat kejadian berlangsung. Data yang tersimpan tidak harus urut (sorted). Untuk pemrosesan lebih efisien, sebab ada beberapa file yang memerlukan perubahan saat proses berlangsung. Lebih cepat dalam hal pemanggilan data. Beberapa data yang tersimpan didalam file, bisa diperbaiki dalam waktu bersamaan.


Memerlukan adanya back-ap data. Sebab transaksi yang diperbaiki setiap saat bisa menghilangkan jejak data asal. Data yang tersimpan mempunyai potensi lebih cepat rusak. Kapasitas media penyimpanan memory menjadi besar. Memerlukan hardware dan software yang lebih kompleks apabila dibanding sequential file.


Sangat cocok untuk digunakan menyimpan batch data ataupun individual data. Dibanding sequential file, pemanggilan data menjadi lebih cepat.


Access (pemanggilan) data tidak bisa disamakan dengan random (direct access file). Memerlukan adanya ruangan extra didalam memory untuk menyimpan index data. Memerlukan adanya hardware dan software yang lebih kompleks.




LATIHAN

Pertanyaan Ulangan :
1. Terangkan, apa yang dimaksud dengan internal memory ?
2. Sebutkan bagian-bagian utama dari internal memory ?
3. Apa yang dimaksud dengan ROM, dan apa bedanya dengan RAM ?
4. Data yang kita tulis dan kita masukkan, oleh komputer akan disimpan dimana ?
5. Program penggajian ataupun program penerimaan mahasiswa baru, oleh komputer akan disimpan dimana ?
6. Apa yang menjadi batasan ukuran sebuah memory ?
7. Pengertian GIGO (Garbage In Garbage Out) sangat populer didunia komputer, apakah yang dimaksud dengan pengertian tersebut ?
8. Kenapa secondary storage diperlukan ?
9. Sebutkan dua buah media secondary storage yang tengah populer pada saat ini !
10. Bagaimana sebuah data disimpan didalam magnetic tape ?
11. Bagaimana organisasi data yang ada didalam magnetic tape ?
12. Kenapa magnetic tape bisa dikatakan sangat cocok untuk menyimpan data back-up ?
13. Kenapa terdapat ruangan kosong diantara record-record yang tersimpan didalam magnetic tape ?
14. Kenapa logical record perlu dibuat suatu grup/block pada magnetic tape ?
15. Apa yang dimaksud dengan blocking facktor ?
16. Tipe aplikasi yang bagaimana yang sangat cocok untu disimpan didalam magnetic tape ?
17. Terangkan ati spot pada permukaan magnetic tape !
18. Kenapa magnetic disk bisa dikatakan mirip dengan phonograph record ?
19. Terangkan, kenapa magnetic disk bisa cepat dalam hal membaca data !
20. Berapa banyak data bisa disimpan didalam sebuah flopy disk MD2D ?
21. Bandingkan antara magnetic tape, dan hard-disk, kemudian terangkan keuntungan dan kerugian !
22. Untuk menyimpan data dalam jumlah besar, media apa yang paling sesuai digunakan ?
23. Bagaimana sebuah data bisa disimpan secara random ?
24. Terangkan pula tentang bagaimana sebuah data bisa disimpan dengan teknik index sequential ?













3. INPUT DAN OUTPUT DEVICE
3.1. Input Device

Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.


a. Punched cards (Kartu Berlubang)
Pada komputer generasi satu dan dua, masih digunakan punched card untuk memasukkan data kedalam CPU. Terdapat dua jenis kartu, yaitu jenis 80 kolom dan 96 kolom. Pada gambar nampak kartu jenis 80 kolom.


Pada kartu 80 kolom, setiap kolom yang ada diberi nomor dari 1 hingga 80, disamping itu juga terdapat baris yang jumlahnya mencapai 12 buah. Setiap charcater yang ada akan diartikan dengan suatu lubang yang diletakkan pada perpotongan antara baris dan kolom. Dengan demikian, posisi lubang untuk setiap character tidaklah sama


Data-data yang akan dimasukkan kedalam komputer, akan diterima oleh sebuah mesin khusus yang berfungsi untuk melubangi kartu. Gambar disebelah merupakan mesin pelubang kartu 80 kolom dari IBM Serial X-SB-024 42779 AT


Dikarenakan biaya operasi dari Main-frame komputer sangatlah tinggi, maka hasil kerja dari operator pelubang kartu perlu diperiksa terlebih dahulu, apakah ada kesalahan prosedur ataupun penulisan. Jika diketemukan, kartu yang ada akan ditolak Gambar disebelah merupakan mesin IBM Card Verifier


Dari mesin pemeriksa, kartu kemudian dialihkan kemesin pen-sortir kartu. Mesin secara otomatis akan mengurutkan kartu yang ada berdasar urutan alfabetis yang terdapat dalam kolom demi kolom. Gambar disebelah merupakan IBM Card Sorting Machine Serial #082R0366L8


Kartu-kartu yang sudah berlubang dan tersortir ini, kemudian masih harus dipindah kemesin pembaca kartu. Berdasar lubang-lubang yang ada, maka digit demi digit setiap karakter data akan diterima oleh CPU guna keperluan proses. Gambar disamping adalah mesin pelubang kartu yang sangat populer pada masa itu.


Apabila pada kartu berlubang kemudian diberi sinar, maka sinar akan menembus lubang-lubang tersebut dengan menunjukkan posisinya masing-masing. Sinar yang menembus ini akan membentuk suatu pola ber-listrik yang pada akhirnya dapat dibaca oleh CPU.


b. Punched Paper Tape
Punched paper tape juga sangat populer pada komputer generasi awal. Data yang ada akan direkam kedalam tape melalui lubang yang mengelilinginya. Punched paper tape juga terbagi menjadi baris dan kolom. Setiap karakter yang ada akan disajikan dalam bentuk lubang-lubang yang merupakan kombinasi antara kolom dan baris.


Untuk memasukkan data kedalam CPU, maka data-data yang sudah terekam dalam bentuk kode didalam punched tape, juga harus dibaca terlebih dahulu oleh punched reader. Gambar disamping menunjukkan mesin pelubang yang tengah bekerja (Brother KH684)


c. Keyboard
Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard.


Tombol-tombol utama yang dimiliki, memiliki susunan yang tidak berbeda dengan susunan tombol mesin ketik biasa. Tombol huruf terletak dibarisan atas, dan tombol alfabetis berada dibawahnya, disamping itu, tombol spasi juga diletakkan pada posisi paling bawah. Hanya bedanya, huruf atau angka yang diketik oleh keyboard komputer, akan tercetak pada layar


Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada dibawahnya akan menekan logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya


Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.


Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller. Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor


d. Interactive Terminal

Terminal secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya sebuah komputer PC, hanya pada terminal tidak dijumpai adanya CPU secara langsung. Penggunaan terminal merupakan konsep multi user, dimana satu buah CPU kemudian digandeng dengan beberapa (hingga berpuluh-puluh) terminal. Dengan cara semacam ini, pemakai komputer dipelbagai tempat bisa bersama-sama memasukkan data kedalam sebuah CPU.


Hubungan antara CPU dengan masing-masing terminal bisa dilakukan melalui kabel, serat fiber ataupun udara. Dengan demikian, data secara serempak bisa dimasukkan kedalam CPU untuk kemudian diolah secara bersama pula. Sistem pemesanan tiket pesawat udara, perbank-kan ataupun pelbagai kantor yang mempunyai cabang, rata-rata sudah menggunakan konsep multi user semacam ini.


Pada Komputer PC, konsep multi user ini dikenal dengan istilah LAN (Local Area Network). Dengan konsep ini, beberapa PC bisa digabung menjadi satu, dan dikendalikan oleh server yang akan bertindak sebagai pengatur lalu lintas data. Hubungan antara server dengan terminal, dilakukan oleh kabel. Pada saat digunakan konsep LAN, PC yang ada akan bertindak sebagai terminal yaitu hanya berfungsi untuk memasukkan data kedalam central-CPU


Apabila jarak antara terminal dengan CPU ternyata berjauhan (untuk saat ini kriteria jauh pada saat ini adalah > 10.000M), maka kabel sudah tidak bisa digunakan lagi. Pada komputer perlu ditambah dengan Modem (Modulasi Demodulasi) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi analog dan dari anlog menjadi digital kembali. Dengan adanya perubahan sinyal ini, maka data yang ada bisa disalurkan melalui kabel telephone ataupun udara.


e. Light Pen
Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.


Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.


Untuk menghasilkan gambar yang bagus, light pen memerlukan adanya monitor dengan kualitas yang prima (high resolution). Dengan adanya sebuah photo transistor detector, maka pada sebuah monitor akan terbagi menjadi beberapa baris dan beberapa kolom. Semakin rapat jarak antara baris dan kolom yang dimiliki oleh monitor, semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkannya.


Gambar disebelah menunjukan suatu gambar yang dihasilkan melalui light-pen computer


Light pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia. Dengan demikian, light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Skema gambar juga muncul melalui monitor. Light pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet


Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Bar-code adalah suatu garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, dan dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang bisa dibaca oleh light pen. Bar-code banyak digunakan di-super market untuk mengkodekan jenis barang yang dijual, harga maupun stock yang dimilikinya. Sinar yang dipancarkan akan membaca bar-code, dan kemudian mengubahnya kedalam pulsa elektronik serta mengirimnya ke-CPU guna keperluan proses berikutnya


f. Mouse
Mouse merupakan salah satu input media yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan seperti halnya gerak seeokor tikus, yaitu kesamping, kebawah, miring, melingkar atau kemana saja seperti yang dikehendaki oleh para pemakai komputer.


Dengan adanya konsep user-friendly (komputer semakin mudah untuk digunakan oleh para pemakai) pada komputer, maka pemakaian mouse menjadi semakin populer, dimana pemakaian mouse dipopulerkan oleh Apple Macintosh. Pada mouse terdapat tombol yang bisa ditekan, juga bola yang akan bergerak mengikuti arah gerakan mouse. Gerakan pada bola yang kemudian dikonversikan dengan koordinat x-y ini, menyebabkan adanya denyut listrik yang terkirim kepusat komputer, dan dengan demikian, kursor bisa bergerak sesuai dengan gerakan bola.


Dengan adanya mouse ini, pemakai komputer bisa secara tepat menempatkan kursor pada titik yang dikehendaki untuk kemudian digerak-gerakkan sesuai dengan arah yang dikehendaki. Pemakai komputer akan sangat terbantu dengan adanya mouse ini, terutama pada saat membuat grafik ataupun membuat gambar pada layar monitor.


g. Scanner
Scanner merupakan salah satu input device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan didalam memory komputer, sedang pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak diatas selembar kertas.


Untuk menggunakan scanner pada komputer, diperlukan adanya tambahan card yang secara khusus digunakan untuk scanner. Scanner menggunakan tehnik digital tuk membentuk dan memasukkan image dokumen yan akan diproses dengan menggunakan elektronik. Beberapa scanner juga bisa digunakan untuk membaca beberapa bentuk huruf. Sebuah scanner bisa membaca hingga 250 halaman dalam satu jam.


Dengan adanya scanner ini, maka pekerjaan memasukkan data kedalam komputer bisa dipercepat. Sebagai perbandingan, hasil kerja scanner ini bisa disamakan dengan 50 orang tenaga operator yang bekerja dengan menggunakan keyboard. Pada kantor pengacara/hukum, scanner banyak digunakan untuk membaca dan menyimpan dokumen kontrak kerja. Scanner juga bisa dikombinasikan dengan voice-output device guna membaca tulisan. Dengan demikian, saat mesin mencetak buku ataupun majalah, laporan yang ada akan keluar dalam bentuk suara.


Scanner juga memberi kesempatan kepada pemakai untuk membuat gambar secara keseluruhan ataupun hanya sebagian. Kemudian dengan menggunakan fasilitas software, pemakai juga bisa merubah, mengurangi, menambah ataupun menggabung beberapa gambar.


Jenis lain dari scanner adalah Optical Mark Reader (OMR) yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk memriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar.


h. Magnetic Strips
Magnetic strip merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnit dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit, ataupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strips biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access-nya. Tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus.


Pihak bank kemudian menempatkan mesin khusus pembaca kartu kartu dipelbagai tempat strategis. Mesin ini juga diisi dengan uang tunai, dengan demikian, para pemegang kartu bisa memanfaatkan mesin selama 24 jam untuk jasa perbank-kan, seperti misalnya mengambil uang kontan pada saat malam hari ataupun pada hari-libur.


Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magnetic-strips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). Untuk menggunakannya, pemakai harus memasukkan kartu yang dimiliki serta memasukkan nomor sandi, serta jumlah uang yang akan diambil. Nomor sandi ini kemudian dikirim melalui jaringan telpon kekomputer pusat. Komputer akan melihat, apakah yang bersangkutan memiliki uang simpanan atau tidak.


Jika memiliki, maka sinyal ini dikirm ke-ATM dan untuk kemudian, ATM akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Disamping itu, pemakai juga bisa melihat informasi saldo dari tabungan yang dimilikinya, rekening giro ataupun deposito-nya. Pemindahan bukuan secara otomatis akan dilakukan oleh komputer.


Selain dilekatkan dalam kartu yang bisa digunakan untuk mengambil uang tunai, magnetic-strips biasanya juga dilekatkan pada kartu kredit ataupun kartu-kartu berharga lainnya. Dengan adanya kartu ini, pemilik dengan leluasa bisa untuk pergi ataupun berbelanja kemana saja tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup besar.


Electronic Draft Capture (EDC) banyak digunakan para kasir dipelbagai tempat pembelanjaan. Dengan menggosokkan kartu kredit kealat ini, maka data yang tersimpan didalam magnetic strips akan terbaca dan diteruskan melalui jaringan telpon kepusat komputer dari bank pemilik kartu. Dalam waktu singkat, komputer akan menjawab apakah pemilik kartu tersbut mempunyai uang ataukah tidak. Pesan bahwa transaksi bisa diterima atau ditolak segera bisa diterima oleh kasir yang bersangkutan.


i. Kamera Digital
Kamera digital tidak menggunkan negatif-film, tetapi menggunakan layar LCD yang digunakan untuk mengatur gambar hasil bidikan dan internal memory untuk menyimpan gambar dalam bentuk image. Kodak DC-5000 Zoom sanggup menampung gambar kedalam internal memory-nya hingga 213 gambar. Gambar-gambar ini kemudian bisa dipindah kedalam komputer.


Proses transfer image dari kamera ke-komputer dapat dilaksanakan dengan menggunakan software bawaan ataupun software yang secara umum dapat kita dapatkan, misalnya adobe Photoshop ataupun Adobe Photo Deluxe. Proses transfer image biasanya dilakukan secara bertahap, setelah beberapa gambar berhasil di-transfer, image yang ada akan disimpan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan proses transfer berikutnya.


Kamera digital yang beredar dipasar saat ini, kini banyak dilengkapi dengan "kecerdasan" yang lebih tinggi, sehingga bisa mengesampingkan peranan dan fungsi PC sebagai media penghubung antar periperhal tersebut. Hewlett-Packard telah menerapkan teknologi Smart Media Card dengan printer foto. Dengan adanya teknologi ini, pengguna kamera dapat langsung melihat karyanya pada kertas cetakan tanpa campur tangan PC. Canon dengan produk printer warna sakunya yang dapat berhubungan langsung dengan kamera digital.







3.2. Output Device

Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


Media yang pertama adalah Visual Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, visual display sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah komputer


Media kedua yang bisa digunakan sebagai output device adalah berupa kertas. Output yang dihasilkan akan berbentuk cetakan huruf ataupun pelbagai gambar.


Media magnetic merupakan media ketiga yang bisa digunakan untuk menampung output komputer. Output yang ada akan disajikan dalam bentuk guratan-guratan magnetic yang bisa digunakan untuk menyimpan secara langsung hasil pemrosesan. Media ini telah dibahas pada bab sebelumnya, yaitu media penyimpan data.


Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message. Media ini tidak dibahas dalam bab ini.


a. Monitor/Display
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.


Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT
). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.


Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai "raster pattern"


Pada monitor jenis monochrome ataupun composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor, sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada monitor.


Monitor berwarna jenis CGA (Color Graphic Adapter) mampu menampilkan 16 warna dengan resolusi 640X200. Untuk jenis EGA (Enhanced Graphic Adapter), dalam menampilkan warna/ resolusi mempunyai kemampuan yang lebih tinggi jika dibanding CGA. Sedangkan jenis VGA ataupun Super VGA (Video Graphic Array) memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 warna pada modus text dan 256 warna pada modus grafik.


Salah satu kecenderungan yang berkembang di-industri monitor adalah penggunaan layar datar (flat-screen) baik untuk monitor berbasis CRT (Cathode Ray Tube) ataupun yang berbasis LCD (Liquid Cristal Display). Dibanding monitor CRT, tampilan LCD menjadi lebih nyaman, tidak ada distorsi dan gambar menjadi lebih jelas


LCD juga menggunakan tiga jenis layar fosfor dan sebuah lapisan celah yang berbeda. Lapisan celah yang ditempatkan didepan layar fosfor ini ada tiga jenis, yaitu dot mask, grille mask dan slit mask. Dot flat dibuat dari lembaran khusus, inver-steel dan dibentuk melengkung seperti layar bagian dalam. Lobang-lobang yang dilalui electron pada dot-mask berbentuk titik-titik bulat dimana dot-pitch dihitung dari jarak antar titik.


Grill mask terdiri dari kabel vertical tipis yang ditegangkan. Ciri dari lapisan celah tipe ini adalah adanya dua kabel yang ditempatkan secara horinzontal. Tujuannya untuk menjaga kabel vertical agar tidak bergelombang akibat vibrasi yang dapat membuat gambar terdistrosi.


Keuntungan dari grille mask adalah tampilan kontras focus yang lebih baik. Karena adanya fosfor yang bercahaya, energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek terang lebih sedikit. Akibatnya setiap pixel fosfor teradiasi lebih sedikit sehingga tampilan kontrasnya menjadi lebih baik. Perpaduan antara kerja dot mask dan grille mask adalah slit mask


b. Printer
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.


b1. Daisy Wheel Printer
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.


Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan. Pada posisi seperti itu, hammer (palu/pemukul) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan huruf demi huruf.


Dikarenakan cara mencetak printer jenis ini berdasar huruf demi huruf, maka printer ini juga dikenal sebagai character-printer. Kecepatan cetaknya relatif lambat, yaitu berkisar 40 hing100 character per-second


b2. Dot Matrix-Printer
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.


Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.


Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.


b3. Ink-Jet Printer
Printer jenis ini menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.


Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini diantaranya adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. (Untuk jenis printer sebelumnya, bisa menggunakan karbon, sehingga beberapa lembar kertas bisa dicetak secara bersama-sama). Printer ini juga memiliki jenis yang berwarna ataupun tidak.


b4. Laser Jet Printer
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.


Pada mesin foto-copy, pemfokusan gambar dilakukan oleh silinder yang berputar. Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan oleh pelbagai percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan


b5. Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.


Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar


Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan pelbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan pelbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tenang dan tepat.


b6. Line-Printer
Line printer merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.


Huruf-huruf yang ada tersusun dalam sebuah drum-huruf yang mempunyai panjang selebar kertas printer. Huruf-huruf pada drum printer ini akan berputar secara cepat, untuk kemudian menempatkan huruf pada posisinya, dan kemudian huruf-huruf tersebut akan menekan kertas sehingga menimbulkan bekas pada kertas untuk satu baris pada saat yang bersamaan.


Secara umum, kualitas huruf yang dihasilkan oleh line printer tidaklah begitu istimewa seandainya dibanding dengan hasil dari sebuah mesin ketik. Line printer memang digunakan bukan untuk kualitas hurufnya, tetapi yang diperlukan adalah kecepatannya dalam hal mencetak huruf baris demi baris. Secara umum, line printer sanggup mencetak antara 300 hingga 6.000 line dalam satu menit (lpm) tergantung jenis dan merk printer.


b7. Printer Digital
Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal.


Sekarang dapat kita jumpai model-model terbaru printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasiannya juga sederhana. Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.


Pada sector video, Sony melengkapi produk video kameranya yang dapat terhubung langsung dengan sebuah printer mini. Demikian pula halnya dengan Holywood DV Bridge dari Dazzle. Output video dapat dikonversi langsung dalam bentuk digital. Proses ini berlaku juga untuk proses sebaliknya dari digital ke-analog. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan kedua piranti melalui Bridge secara langsung tanpa melalui PC.










3.3. KOMPUTER MULTI MEDIA

Komputer multi media adalah, komputer yang mampu menyajikan data dalam bentuk tulisan, gambar, suara, serta animasi gambar. Untuk keperluan tersebut, komputer multi media harus memenuhi persyaratan tertentu.


Seperti diketahui, komputer sebelum ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas, utamanya karena memiliki memory yang sangat minim sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan penyimpanan data dalam bentuk suara ataupun gambar. Sebagai contoh, untuk sebuah lagu dengan penyajian sekitar 5 menit, dibutuhkan ruang memory sebesar 50 MB (megabyte).


Komputer multi media juga harus memiliki peralatan audio (suara) yang mencakup alat untuk memproses suara itu sendiri, serta alat untuk mengeluarkan hasil proses suara yang berupa speaker. Alat proses suara bisa berbentuk interface-card.


Untuk menyajikan data dalam bentuk animasi gambar atau dalam bentuk tampilan film, diperlukan card tambahan yang khusus dapat menampilkan data gambar ataupun film, misalnya MPEG Card yang dapat digunakan untuk menyajikan tampilan film yang tersimpan di dalam bentuk terkompresi dengan format MPEG (Moving Pictures Experts Groups).


Processor yang digunakan untuk komputer multi media juga harus mempunyai kemampuan yang memadai. Ini disebabkan karena data yang berujut gambar dan suara relatif berukuran besar dan memerlukan proses yang spesifik. Processor jenis terbaru, kini dilengkapi dengan USB (Universal Serial Port) yang berfungsi untuk menampilkan data suara dan gambar secara maksimal.



Internal memory (RAM) yang digunakan untuk komputer multi media dibutuhkan adanya suatu standart minimal, yaitu sekitar 64 MB (Megabyte). Tentunya semakin besar kapasitas internal memory yang dimiliki akan menghasilkan yang lebih maksimal.


Peralatan video mencakup alat proses gambar (video) dan penyajiannya. Alat proses data gambar dapat berupa interface card seperti VGA Card, MPEG Card dan lainnya. Alat penyajian gambar dapat berwujud monitor dengan resolusi tertentu


Data suara dan gambar memerlukan tempat penyimpanan yang besar. Untuk menyajikannya dibutuhkan external memory yang cukup memadai. Pada saat ini standart yang digunakan sebagai ruang penyimpan data suara dan gambar adalah CD-ROM Standart dengan kapasitas 650 MB, dimana dapat menyajikan gambar dan suara hingga 74 menit.


Komputer multi-media juga memerlukan hard-disk yang cukup besar. Hard-disk yang tersedia dipasaran pada saat ini memiliki ukuran sebesar 20 GB (Giga-Byte) dengan kecepatan 7200RPM


Dengan adanya tambahan peralatan tersebut, komputer yang ada bisa secara langsung dihubungkan dengan audiostation yang kita miliki. Data yang dimiliki oleh komputer berupa gelombang suara, dan gelombang suara tersebut kemudian direkam didalam tempat penyimanan data (memory). Berdasar data yang berupa gelombang suara inilah komputer kemudian bisa bekerja sesuai dengan konsep pengolahan data.


Komputer juga memiliki kemampuan untuk merubah data-data yang berupa gelombang suara tersebut sesuai dengan yang dikehendaki oleh para pemakai. Perubahan gelombang ini kemudian disimpan didalam memory komputer.


Dengan adanya kemampuan tambahan tersebut, komputer kini bisa dihubungkan dengan pelbagai alat elektronik lain, seperti misalnya handy-camera. Gambar-gambar yang diambil ataupun direkam melalui handy-camera ini, bisa dipindah kedalam Compac Disk dan dari Compac Disk inilah komputer bisa bekerja.


Gambar-gambar yang bergerak dan dihasilkan oleh handy-camera ini, oleh komputer kemudian bisa di-edit sesuai dengan keinginan. Memotong suatu adegan gambar dan kemudian menggabungkan dalam satu adegan baru semua bisa dilakukan dengan komputer multi media. Salah satu hasil multi media yang bisa kita lihat adalah video-clips dari penyanyi kondang Michael Jackson dalam albumnya Dangerous. Dalam album tersebut bisa nampak bahwa sosok Michael Jackson yang kemudian bisa berubah menjadi se-ekor harimau liar dan kemudian berubah lagi menjadi asap dan pada akhirnya menghilang tanpa bekas.


Gambar ataupun foto yang diambil melalui kamera digital ataupun kamera biasa, juga bisa dipindahkan kedalam komputer. Oleh komputer, gambar ini kemudian juga bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.


Kamera untuk memantau gerakan seseorang ataupun obyek lainnya juga dapat dihubungkan dengan komputer multi-media. Sehingga dengan adanya kamera elektronik ini, hasil pemantauan yang didapatkan pada akhirnya juga akan terekam didalam komputer.


Dengan menggunakan computer scanner, maka gambar ataupun foto yang terdapat dipelbagai majalah ataupun koran, juga dapat dipindahkan kedalam komputer dan akhirnya juga bisa diedit ataupun digabung dengan gambar yang lainnya.


Dengan adanya fasilitas internet, maka data yang berupa tulisan, suara, gambar ataupun animasi pada akhirnya dapat dikirm ataupun ditransfer ke-komputer-komputer lainnya secara elektronik






LATIHAN

Pertanyaan Ulangan :
1. Apakah yang dimaksud dengan Input Device, Output Device dan I/O Device?
2. Sebutkan 5 (lima) jenis input device yang saudara ketahui
3. Apakah bisa terjadi, suatu data yang sudah dimasukkan kedalam komputer melalui




input device ternyata mengalami kesalahan? Terangkan jawaban saudara.
4. Sebutkan 3 (tiga) kelemahan kartu berlubang jika dibanding dengan keyboard
5. Apakah yang dimaksud dengan terminal? dan bagaimana caranya sebuah PC bisa berubah fungsi menjadi sebuah terminal?
6. Fungsi light-pen didalam sistem komputer itu untuk apa, dan bagaimana hubungannya dengan graphic-tablet?
7. Mouse didalam sistem komputer, berguna untuk apa, dapatkah fungsi mouse diganti dengan keyboard?, terangkan jawaban saudara!
8. Apakah yang dimaksud dengan Scanner? Didalam sistem komputer, scanner bisa dikatagorikan sebagai input ataukah output device, terangkan jawaban saudara!
9. Apakah perbedaan dan persamaan antara scanner dan photocopy?
10. Terangkan dengan pengertian saudara mengenai ATM, dan apakah keuntungan yang bisa diraih seandainya sebuah bank kemudian menggunakan jasa ATM?
11. Apa fungsi dan hubungannya antara magnetic-strip dengan ATM?
12. Dapatkah saudara menjelaskan mengenai pengertian multimedia berikut contoh yang ada?
13. Peralatan tambahan apa saja yang kira-kira harus diperlukan untuk merubah sebuah PC sehingga bisa berfungsi sebagai multi media?
14. Terangkan, bagaimana sebuah output komputer dapat digunakan untuk membantu masyarakat dalam menangani pelbagai aktivitasnya?
15. Secara umum, media yang digunakan sebagai output komputer dapat dibedakan dalam berapa hal? sebutkan!
16. Sebutkan 3 (tiga) keuntungan yang bisa didapatkan seandainya output komputer yang ada kemudian dicetak diatas kertas printer dan bukan pada layar monitor.
17. Sebutkan pula 3 (tiga) keuntungan yang bisa didapatkan seandainya output komputer yang ada hanya dicetak diatas layar monitor dan sama sekali tidak menggunakan printer.
18. Sebutkan 3 (tiga) buah jenis storage media yang juga berfungsi sebagai output media.
19. Sebutkan media output yang populer digunakan untuk mini dan mainframe komputer.
20. Kenapa sebuah monitor kadang-kadang juga disebut sebagai CRT? Apakah kepanjangan CRT?
21. Apakah yang dimaksud dengan character dan line printer? dan apapula yang dimaksud dengan page printer?
22. Dapatkah character printer untuk kemudian berubah fungsi sebagai line printer?
23. Sebutkan jenis character printer yang saudara ketahui.
24. Bentuk aplikasi yang bagaimanakah yang cocok untuk line printer?
25. Diantara ketiga jenis printer yang ada, yaitu character-printer, line-printer ataupun page printer, manakah yang paling sesuai digunakan untuk komputer jenis note-book?










BAB 4


PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

4.1. Pendahuluan

Dalam arti yang paling luas, perangkat lunak ataupun software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Musik yang terekam didalam sebuah CD, dapat dianggap sebagai dianggap sebagai perangkat lunak dari suatu peralatan audio Demikian pula halnya dengan data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.


Komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai perangkat lunak ataupun software komputer.


Secara singkat dapatlah diuraikan, bahwa Software komputer terbagi menjadi Compiler/ Interpreter, Operating System dan Application Software.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER








4.2. COMPLIER/INTERPRETER

Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer kedalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer


Seperti diketahui, komputer merupakan peralatan elektronik, artinya komputer komputer bekerja berdasar pulsa-pulsa elektronik. Pulsa elektronik Cuma memiliki 2 kondisi, yaitu ON (ada arus listrik) dan OFF (tidak ada arus). Kondisi ON dan OFF ini kemudian diterjemahkan dalam angka 0 dan 1


Dengan demikian, sebenarnya untuk meng-gerakkan komputer agar bisa bekerja, kita dituntut untuk mengetahui kombinasi kerja dari ON dan OFF. Kombinasi ini kemudian dikenal sebagai bahasa mesin, bahasa yang dikenal oleh komputer. Aturan yang ada didalam bahasa mesin, hanya merupakan kode-kode binary ataupun kode-kode tertentu yang tentunya sangat sulit untuk dipelajari.


Karena sulitnya bahasa mesin atau low level language ini, pabrik pembuat komputer kemudian membuat kamus agar bisa dimanfaatkan oleh pemakai. Kamus ini dikenal sebagai compiler atau interpreter.


Kamus yang ada berisi terjemahan angka 0 s/d 9, huruf A s/d Z, aneka tanda baca, aneka rumus perhitungan ataupun aturan-aturan yang terdapat dalam suatu bahasa program. Terjemahan yang ada akan berbentuk pulsa-pulsa elektronik yang kemudian dilambangkan dengan angka 0 dan 1 (konsep binary)


Dengan adanya compiler ataupun intrepreter, pemakai kemudian bisa berkomunikasi dengan bahasa yang lebih "manusiawi" jika dibanding dengan bahasa mesin. Bahasa yang lebih manusiawi ini kemudian dikenal sebagai high level language. Pemakai menuliskan instruksi dalam high level language dan komputer menterjemahkan dalam low level language (bahasa mesin).


Jenis high level language cukup banyak, seperti misalnya: Basic, Cobol, Pascal, Fortran dan lain sebagainya. Dalam hal ini, setiap high level language memiliki aturan-aturan tersendiri dan juga memiliki compiler ataupun interpreter tersendiri. Hal ini dapat diilustrasikan dengan bahasa Inggris, Perancis ataupun Jepang. Dimana setiap bahasa juga memiliki aturan-aturan dan kamus tersendiri.


Interpreter akan menterjemahkan instruksi demi instruksi, dan apabila ditemui sesuatu kesalahan, maka proses akan berhenti, dan interpreter kemudian menunjukkan kesalahan tersebut. Untuk memulai proses, kesalahan yang ada harus dibetulkan terlebih dahulu. Interpreter biasanya hanya ditemui pada komputer jenis kecil, misalnya Personnal Computer.


Dalam bekerja, compiler akan menterjemahkan seluruh instruksi yang ada, dan seluruh kesalahan yang ditemui dalam instruksi yang ada, akan ditampilkan pada akhir proses penterjemahan.


Program yang ditulis dengan menggunakan language, juga disebut sebagai source program atau program yang masih mentah. Disebut mentah karena program ini masih harus diproses ataupun diterjemahkan kedalam bahasa mesin. Hasil penterjemahan suatu program kedalam bahasa mesin, dikenal sebagai object program.








4.3. OPERATING SYSTYM

Selain compiler dan interpreter, pabrik juga melengkapi komputernya dengan Operating System. Operating system merupakan suatu software yang sifatnya sangat mendasar dan mutlak diperlukan untuk mengoperasikan komputer. Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibikin oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.


Operating sistem berfungsi untuk mengatur dan mengontrol sumber daya yang ada, baik dari hardware yang berupa CPU, memory maupun disk-storage; Serta software yang berupa program komputer baik yang dibuat oleh pabrik pembuat ataupun yang dibuat oleh para programmer.


Demikian pula halnya dengan kemampuan komputer yang bisa dihubungkan dengan terminal, printer ataupun peralatan tambahan lainnya. Dengan demikian, dengan adanya operating system ini, pemakai diharapkan dapat memanfaatkan komputer secara maksimal.


Definisi Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI) adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.







4.4. PENGARUH OS TERHADAP KOMPUTER

a. Operating System Generasi Tabung
Pengaruh operating system terhadap perkembangan komputer bisa terlihat pada komputer generasi terdahulu. Pada komputer generasi vacuum-tube, hampir semua operasi komputer dilakukan secara manual melalui plugboard. Pekerjaan membuat lubang pada setumpukan kartu, memeriksa tumpukan kartu yang ada, menyortir kartu, dan kemudian memasukkannya kedalam mesin pembaca semuanya dilakukan oleh manusia.


Dalam sistem komputer semacam ini, operating system memang belum memadai, sehingga operator komputer melaksanakan tugas dengan waktu yang lama. Seringkali kecepatan komputer dibatasi oleh kecepatan gerak operator dalam membuat lubang, men-sortir dan lain sebagainya. Pada saat operator sibuk bekerja, maka komputer akan istirahat untuk sementara waktu, apalagi jika terjadi kesalahan. Gambar disebelah adalah Hollerith Manual Card Punch 1930


b. Operating System Generasi Transistor
Dengan diketemukannya komponen transistor, operating system dikembangkan untuk mengatur pergantian antar job agar waktu instalasi job berikutnya lebih efisien. Dalam masa ini juga muncul konsep batch system. Gambar sebelah adalah IBM 7090 yang merupakan komputer pertama menggunakan transistor.


Batch system merupakan suatu cara untuk menghindari waktu nganggur CPU yang cukup lama, maka dikembangkan suatu teknik pengurutan kerja job secara otomatis. Teknik ini mampu mentransfer kontrol secara otomatis dari suatu job ke-job brikutnya. Inilah bentuk operating system yang pertama kali. Gambar sebelah merupakan komputer UNIVAC yang juga menggunakan transistor.


Operating system juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan operator atau programmer secara langsung melalui layar atau monitor. Komunikasi ini bisa mengenai status komputer itu sendiri, fungsi ataupun kegunaan input/output devices. Kesalahan prosedur yang timbul, atau apabila diketemukan sesuatu kondisi yang tidak wajar.


c. Operating System Generasi IC-Chip
Dengan komponen utama berupa IC, maka komputer masuk pada generasi berikutnya. Operating system yang ada dikembangkan untuk menangani konsep-konsep multiprogramming, multiprocessing, timesharing atau multitasking dan real time system. Gambar sebelah adalah komputer IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC pada tahun 1965.


Multiprogramming system secara prinsip meletakkan lebih dari satu program kedalam memory utama. Hal ini dilakukan dengan cara membagi memory utama menjadi beberapa partisi. Tiap-tiap partisi berisi sebuah program. Pemrosesan dilakukan secara bergantian, jika suatu proses sedang dalam eksekusi dan selesai, CPU akan menangani proses berikut. Gambar disebelah adalah komputer Schelbi 8H dengan partisi-partisinya.


Sistem kontrol multi programming biasanya bekerja dengan sistem prioritas. Setiap program memiliki level prioritas. Misalnya terdapat dua buah program didalam memory, program pertama menggunakan printer tetapi proses CPU-nya sedikit, sedang program kedua sebaliknya, yaitu memerlukan CPU yang lama.


Dalam hal ini program pertama diberi prioritas yang lebih tinggi dari pada program kedua. Operating System memungkinkan program pertama untuk mulai dicetak. Setelah data ditransfer keprinter, pengontrol memberi waktu program kedua untuk diproses di CPU. Hal ini dilanjutkan sampai program pertama memerlukan pemrosesan di CPU dan seterusnya Sehingga program printer berjalan dengan kecepatan penuh, dan keseluruhan waktu CPU dapat digunakan.


Time sharing juga disebut sebagai Multitasking, dimana pengertian ini bisa disamakan dengan multiprogramming, hanya saja waktu prosesnya dibatasi. Waktu maksimum yang digunakan CPU disebut quantum time. Keuntungan time sharing adalah tingkat kebersamaannya menjadi tinggi. Gambar disebelah adalah komputer Schelbi 8H dengan partisi-partisinya.


Time sharing memerlukan pengaturan kerja input dan output. Secara normal, CPU sanggup memproses lebih dari satu data dalam setiap detik. Dimana pada saat itu, input dan output device juga harus siap untuk memberikan data ataupun menerima hasil proses secara cepat. Oleh karena itu diperlukan adanya penjadwalan kerja yang baik. Banyak "switched" yang bisa bekerja secara otomatis untuk mengatur semuanya dalam waktu yang bersamaan.


Pada multi processing system, system memiliki lebih dari satu processor untuk menjalankan satu atau lebih program dengan cara menggunakan bus, clock, memory dan peralatan lainnya secara bersama-sama. Gambar disebelah adalah komputer Schelbi 8H yang memiliki lebih dari satu processor.


Real time system digunakan jika suatu operasi memerlukan ketepatan waktu dari processor ataupun aliran data, dan sering digunakan untuk mengontrol aplikasi-aplikasi tertentu.


Operating system yang ada juga mampu mengahandle masalah interupsi. Interupsi yang disebabkan karena kesalahan input/output selama proses berlangsung akan mengakibatkan bertambahnya waktu yang diperlukan. Untuk itu komputer akan mendeteksi hal ini sedini mungkin dengan tanpa menggannggu pekerjaan yang ada.


Mencatat segala macam kegiatan yang ada. Program yang ada akan mempunyai kemampuan untuk menyimpan daftar pekerjaan yang telah dijalankan mesin.


Merawat system library. Dengan adanya fasilitas ini, system komputer yang ada akan mampu menyimpan beberapa buah program atau data secara bersama-sama sehingga bisa digunakan oleh programmer. Semuanya ini biasanya disimpan didalam external storage, dan dinamakan sebagai system library. Operating system ini setiap saat akan memberikan "daftar-isi" yang dimiliknya kepada programmer.


d. Operating System Generasi PC
DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu operating system yang biasa dipakai pada komputer IBM-PC ataupun kompatibelnya. Karena banyaknya aplikasi canggih pada system ini dan kemudahan dalam mendapatkan aplikasi, membuat operating system ini banyak dipakai tidak saja pada lingkup perusahaan tapi juga untuk keperluan pribadi..


DOS mempunyai sejumlah versi yang diawali dengan DOS versi 1.00 dirilis pada 1981, terus meningkat menjadi versi 7.00 pada tahun 1996. Seiring dengan perubahan versi, kemampuan DOS juga semakin meningkat, dan berkembang kearah general purpose system, konsep jaringan komputer serta konsep user friendly


DOS versi 3.10 yang direlease tahun 1984, mulai menyediakan layanan untuk jaringan. Konsep jaringan merupakan suatu sistem dimana banyak pemakai dapat melakukan access secara serentak pada sebuah CPU melalui terminal-terminal yang ditempatkan baik dalam satu ruangan yang sama, maupun ditempat yang berjauhan. Tipe sistem ini membutuhkan sistem pengoperasian untuk menggunakan sumber-sumber informasi yang tersedia secara bersama-sama diantara sejumlah pemakai


Dalam situasi seperti ini komputer harus bersifat multiprogramming. Akan tetapi program tersebut lebih rumit daripada peng-accessan normal. Karena meskipun terdapat ruangan yang besar dalam memory utama, tetapi pada saat yang bersamaan bisa terdapat beberapa lusin "on-line" secara serentak dan masing-masing menggunakan program yang berbeda. Dengan adanya banyak pemakai, kebutuhan akan keamanan dan proteksi menjadi lebih penting dari sekedar multiprogramming.


DOS versi 5.00 yang direlease tahun 1991, mendukung pemakaian sound baster card, dan pada masa itu merupakan awal penggunakan sound-card stereo pada sebuah PC.


Windows adalah operating system produk dari Microsoft yang banyak dipakai saat ini. Sebelumnya para pemakai komputer PC menggunakan operating system DOS yang juga dibuat oleh Microsoft. Sejalan dengan makin cepatnya processor komputer dan semakin murahnya harga chip-memory maka para pemakai komputer makin dituntut agar komputernya bisa bekerja lebih baik lagi.


Merasa tersaingi oleh perusahaan komputer Apple yang memperkenalkan seri komputer Macintosh, Microsoft lalu membuat operating system modern berbasis GUI (Graphical User Interface) atau perintah-perintah yang diwakili gambar dan mengkoreksi segala kelemahan DOS. Operating System yang baru ini juga berdasar pada konsep membuat operating system seramah mungkin sehingga pemakai komputer akan dengan mudah menggunakannya.


Pada tahun 1992, Microsoft memperkenalkan operating system Windows 3.1 merupakan suatu system operasi yang mengijinkan pemakai untuk menjalankan berbagai program secara serentak serta membagi informasi antara program-program yang ada. Program-program yang ada bisa ditampilkan dalam bentuk "jendela" dan pemakai bisa mengendalikannya secara mudah.


Seperti halnya dengan DOS, Windows operating system juga memiliki pelbagai versi, seperti misalnya Windows 3.11, Windows NT dan pada tahun 1995 muncul Windows 95 yang memiliki kemampuan untuk meng-access internet.


Pada tanggal 17 Februari 2000 secara resmi Microsoft Corporation mengeluarkan system operasi terbarunya dengan nama Microsoft Windows 2000 Profesional. Windows 2000 ini memiliki ke-andalan manajemen dan keamanan, lebih mudah digunakan, lebih cepat, serta lebih kompatibel dengan pelbagai perangkat lunak maupun keras, mudah dikelola serta lebih aman.


Pada 14 September 2000, Windows-Me direlease yang memiliki kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, serta pelbagai kemudahan-kemudahan lainnya.


Macintosh Operating System merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yang ada, maka dengan cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk


Perintah-perintah untuk komputer diganti dengan gambar yang mewakili tugas yang dimaksud. Jika pemakai ingin memerintah komputer untuk men-DIR isi disket A misalnya, pemakai tinggal mencari gambar disket yang diberi notasi-A dan menunjuk dengan pointer, maka komputer langsung mengerjakan perintah. Untuk mencetak cukup mencari gambar printer dan menunjuk dengan pointer, maka tugas mencetak akan langsung dikerjakan.


Tetapi untuk mendapat Macintosh para pemakai komputer harus mengeluarkan investasi yang tidak sedikit karena harga Macintosh cukup mahal. Disamping itu, Operating System Macintosh tidak bisa dijalankan pada komputer IBM dan kompatibel-nya, maka pemakai harus mengganti komputer yang dimilikinya dengan Apple-Macintosh.


Sistem GUI memudahkan pengendalian komputer dan saat ini paling banyak digunakan dalam penerbitan dekstop (DTP - desktop publishing). Contoh hasil kerja DTP: penerbitan buku, majalah, suntingan filem dsb.


Unix adalah sebuah Operating System yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah sistem yang berkonsep 'interaktif time-sharing'.


Pencipta dari Unix adalah Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Pada tahun 1974, Unix menjadi Operating System pertama yang ditulis dalam bahasa C dan sistem operasi yang sifatnya terbuka atau standard. Unix telah terstandardisasi oleh IEEE sebagai Portable Operating System Interface (POSIX).


Karakteristik Unix :
1. Multitasking - dapat menjalankan lebih dari satu jenis aplikasi pada saat yang bersamaan.
2. Multiuser - dapat digunakan oleh lebih dari satu user pada waktu yang bersamaan.
3. Line/Text Command Based - menyerupai DOS yang menggunakan perintah yang di'ketik'an sebagai sarana 'memerintah' komputer. Meskipun demikian telah dikembangkan aplikasi-aplikasi GUI yang dapat menggantikan perintah 'ketik' tersebut dengan menjalankan XWindows.


4. Secure - memiliki tingkat keamanan yang cukup dibandingkan Operating System lainnya. Di mana setiap file, user dan group memiliki 'set' ijin yang tersendiri, sehingga tidak memungkinkan seorang user untuk menghapus atau meng'edit' tanpa memiliki ijin yang cukup.
5. Ready-for-Network? karena sejarah pembuatannya memiliki tujuan sebagai sarana komunikasi antar komputer, maka Unix hingga saat ini masih unggul dalam hal Computer-Networking.


FreeBSD adalah sebuah sistem operasi BSD Unix yang lebih maju untuk komputer jenis PC. OS ini dikembangkan oleh sekumpulan programmer individu. FreeBSD menawarkan sistem rangkaian yang lebih maju dan berkemampuan tinggi. OS tersebut sesuai untuk dijadikan sistem server Internet atau Intranet. Dapat mengendalikan sistem rangkaian yang sangat sibuk, dan mengatur penggunaan memori dengan baik untuk melayani beratus-ratus atau beribu-ribu pengguna secara serentak.


Perbedaan antara FreeBSD dengan Linux ialah Linux adalah aplikasi terbuka di mana kode program diberikan secara cuma-cuma dan aplikasi Linux bisa dikembangkan oleh siapa saja, sedangkan FreeBSD adalah aplikasi tertutup yang diprogramkan oleh programmer yang membuat sistem operasi BSD.


Linux adalah sebuah sistem operasi komputer seperti halnya Macintosh, OS/2, Solaris maupun Windows. Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX dan memiliki seluruh kemampuan dan keunggulan dari sistem UNIX. Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti Linux dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.


Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.


Saat ini, populasi pemakai Linux telah mencapai 7 juta orang dan akan terus berkembang di masa - masa yang akan datang. Dukungan dari vendor - vendor ternama seperti IBM, Silicon Graphics, Hewlett Packard, Compaq dan Dell, telah membuat Linux menjadi kekuatan baru yang disegani.


Dalam dunia bisnis dan teknologi di Amerika Serikat, Linux telah dipakai di NASA, Boeing, UPS, Lockheed Martin, US Postal, US Railway, baik sebagai server dalam jaringan maupun workstation - workstation front-end. Linux dapat berjalan pada platform - platform terkemuka seperti Intel x86, Sun SPARC, MIPS, Motorola m68K, PowerPC dan DEC Alpha. Jauh sekali apabila dibandingkan dengan Windows NT yang hanya bisa dijalankan di platform Intel x86 dan DEC Alpha.


BeOS adalah sebuah OS komersial baru yang menarik. Sistem operasi BeOS dibuat berdasarkan cip cpu PowerPC atau x86 (PC). Ia membolehkan anda berkerja dengan aplikasi audio, video, image, berdasar pada Internet dan menyunting file berukuran berjuta-juta gigabyte serentak dalam waktu yang singkat. BeOS adalah satu-satunya OS yang mengunakan kesemua kelebihan satu atau lebih pemproses dengan atomatis.


Proses boot mengambil waktu kurang dari 20 detik, aplikasi dapat dilaksanakan dengan baik. BeOS juga memudahkan anda mensetkan konfigurasi Internet dan menghubungkan anda ke internet. Paket BeOS dilengkapi dengan browser, klien e-mail, media player, utilitas, penterjemah, dan pelbagai aplikasi demo. Lebih dari 1000 aplikasi BeOS siap digunakan.


SunSolaris menggunakan mikro pemproses Sparc atau x86. SunSolaris adalah sebuah sistem operasi Unix yang dibuat oleh Sun Microsystem untuk kegunaan stasiun kerja dan server UltraSparc dan juga ix86. Sistem operasi ini adalah sistem operasi 64 bit bagi platform UltraSparc dan 32bit bagi platform x86. Ia berkemampuan mengendalikan sistem komputer mainframe, server web, server enterprise dan pelbagai jenis server lain.


Solaris juga menggunakan sistem GUI, X86Free seperti Linux. Selain itu Sun menawarkan paket perkantoran (office) yang popular yaitu StarOffice bagi platform Windows, Linux dan Solaris yang mengunakan pemproses x86 atau UltraSparc.








4.5. PROGRAMMING LAGUAGE

Programming language atau bahasa program adalah suatu bahasa ataupun suatu tatacara yang dapat digunakan oleh manusia (programmer) untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer. Jenis programming language sangatlah banyak. Tetapi secara umum, pengertian programming language dapat dibagi menjadi dua, yaitu Low Level Language dan High Level Language.


Low level language adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara yang digunakan masih ber-orientasi dengan mesin, dikarenakan itu low level langugae juga disebut sebagai bahasa mesin.


Untuk menggunakan bahasa ini, programmer harus menuliskan instruksi untuk setiap instruksi secara jelas dan teliti. Setiap program dan data yang ditulis, harus ditentukan pula address dimana data dan program akan disimpan. Programmer juga harus mengetahui lokasi setiap indikator ataupun register dan program untuk seluruh fungsinya.


Satu-satunya simbol yang tersedia untuk mengkomunikasikan tindakan yang dilakukan dan meng-identifikasikan data adalah 0 dan 1. Instruksi yang ada harus ditulis dalam urutan dan aturan dimana mereka harus ditmapilkan. Oleh karena itu, apabila salah satu instruksi hilang karena terjadi kesalahan/kekuarang telitian, seluruh instruksi harus dire-alokasi-kan untuk membuat ruang guna menambahkan instruksi tersebut, dan ini berarti pengubahan lokasi data.


Untuk mengatasi kesulitan tersebut, bahasa mesin kemudian dikembangkan menjadi assembly language. Dengan adanya pengembangan ini, dimungkinkan untuk menuliskan program dengan menggunakan kode instruksi dan label yang mewakili lokasi penyimpanan dengan syarat komputer memiliki sarana untuk menterjemahkan kedalam bahasa mesin.


Bahasa ini disebut sebagai assembly language dan program untuk menterjemahkannya kedalam kode mesin disebut sebagai asembler. Pada umumnya terdapat hubungan satu untuk satu antara masing-masing instruksi bahasa assembly dengan instruksi kode mesin. Gambar disamping menunjukkan versi asembly dari kode mesin.


Program yang ditulis oleh programmer dalam bahasa assembly disebut sebagai source program Jika program ini kemudian diubah kedalam bahasa mesin, disebut sebagai object program. Dengan adanya bahasa assembly ini, programmer tidak perlu meng-alokasikan address secara khusus, dan ia cukup memberikan nama atau label serta menginduksikan ukuran dan format yang diperlukan. Assembler kemudian bertanggung jawab atas pengalokasian dan penyimpanan.


Dengan menggunakan nama-nama simbolik untuk data dan kode-kode pengoperasian, tugas programmer dibuat lebih mudah dari pada menggunakan kode numeric bahasa mesin. Alokasi penyimpanan oleh assembler juga memungkinkan progremmer membuat perubahan-perubahan, penambahan dan penghilangan instruksi cenderung lebih mudah dan cenderung membuat kesalahan yang lebih kecil. Karena masih berhubungan dengan bahasa mesin, assembly sangat efisien dalam penggunaan fasilitas mesin.


Bahasa assembly adalah low level language, yakni lebih dekat dengan kode mesin dari pada bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena masih berorientasi mesin, membutuhkan programmmer yang memiliki pengetahuan mesin secara baik. Transfer program bahasa mesin kemesin untuk type berbeda sering sulit dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Programmer masih harus mempelajari bahasa assembly untuk mesin yang berbeda.


High level language merupakan suatu bahasa program atau suatu tata cara yang dapat digunakan untuk memberi perintah/instruksi kepada komputer. Tata cara yang ada sangat mirip dengan tata cara yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi. Dengan demikian, high level language lebih mudah untuk dipelajari. Semua kalimat, kata ataupun aturan yang ada didalam high level language, juga merupakan kalimat ataupun kata ataupun aturan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Karena jangkauan pemakai komputer adalah international, maka aturan ataupun kalimat ataupun kata-kata dasar yang digunakan pada high level language, kemudian disesuaikan dengan aturan-aturan dan kalimat yang ada dalam bahasa Inggris.


Jenis high level language cukup banyak, seperti misalnya BASIC, COBOL, FORTRAN dan lain sebagainya. Sama halnya dengan tatacara yang terdapat dalam bahasa assembly, penulisan program dalam high level language juga harus diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum proses dilakukan. Program penterjemah disebuh compiler atau interpreter.


Setiap bahasa didalam high level language mempunyai aturan dan tata cara sendiri-sendiri, demikian pula halnya dengan compiler ataupun interpreter yang ada. Hal ini juga bisa disamakan dengan bahasa yang digunakan oleh manusia, dimana antara satu bahasa dan bahasa lainnya tidaklah sama, dan semuanya memiliki aturan dan tatacara sendiri-sendiri.


Untuk bahasa BASIC misalnya, susunan programnya selalu terdiri atas tiga hal, yaitu line number, keyword dan body program. Dalam hal ini BASIC merupakan singkatan dari Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code. Basic menjadi sangat populer karena dapat dibuat dengan cara yang ber-struktur ataupun tidak, disamping itu, BASIC memiliki versi interpreter dan versi compiler.


BASIC menjadi populer seiring dengan hadirnya microcomputer, yaitu pada akhir 70-an. Demikian populernya BASIC, sehingga banyak pabrik komputer PC pada saat itu yang membuat BASIC dalam versi ROM (Read Only Memory) disamping versi interpreter ataupun compiler. Sehingga pada saat komputer dinyalakan, komputer tersebut langsung siap menjalankan BASIC. Belum ada satu bahasa selain BASIC yang dibuat dalam pelbagai versi.


Selain keunggulan-keunggulan tersebut, BASIC juga sangat cocok digunakan untuk pemula ataupun bagi programmer senior. BASIC juga cocok untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bisnis ataupun persoalan scientific. Dengan adanya line number yang dimilinya, BASIC akan memproses program dari urutan yang kecil menuju keline number yang besar. Tetapi dengan adanya instruksi GOTO, proses ini bisa dibelokkan keurutan lainnya.


Bahasa berikutnya adalah COBOL yang merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language. Bahasa ini terbagi menjadi empat divisi, yaitu Identification Division, Environtment Devision, Data Devision dan Prosedure Devision. Susunan bahasa ini sangat rapi dan teliti sehingga menyerupai tulisan seorang manajer pada saat membuat laporan ataupun seorang pengarang sedang membuat buku


Pada tahun 1959, CODASYL (Conference on Data System Language) didirikan dengan anggota yang terdiri dari wakil-wakil pemakai komputer dan pabrik. Dua tahun kemudian, spesifikasi pertama dihasilkan dengan nama COBOL. Akhirnya COBOL menjadi bahasa pemrograman yang digunakan paling luas dalam aplikasi komersial ataupun bisnis. Lebih dari 40% instalasi komputer didunia masih menggunakan COBOL.


COBOL juga bisa dianggap sebagai suatu bahasa yang menggunakan sistem dokumentasi yang rapi dan teliti seperti halnya bahasa Inggris. Dengan adanya hal ini, pemakai menjadi mudah untuk membaca dan mengerti, dan programmer juga menjadi mudah untuk melakukan debug atau pemeriksaan program. Persoalan bisnis selalu memerlukan adanya data dalam jumlah yang besar, serta kecepatan untuk memprosesnya. COBOL menjawab dengan instruksi-instruksi yang sederhana dan mudah dimengerti.


PASCAL Programming Language juga merupakan suatu bahasa, dimana nama yang ada diambil dari nama seorang ilmuawan Perancis yang sangat terkenal, yaitu Blaise Pascal. Bahasa ini tersusun dengan pola struktur yang mengalir dari atas kebawah. Disamping itu, sebuah program yang besar dapat dipecah-pecah dalam beberapa modul program yang lebih kecil. Dengan demikian, bahasa ini dapat mendorong seorang programmer untuk melihat sebuah persoalan secara logic.


Konsep pemrograman secara modular (suatu program yang dibagi dalam beberapa bentuk modul) yang sangat menarik diperkenalkan oleh Turbo Pascal mulai versi 4.0. Modul ini dikenal dengan unit (Turbo Pascal UNIT/TPU). Dengan menggunakan unit, suatu modul bagian dari program dapat dikompilasi secara terpisah terhadap program utama, sehingga hasil compilasi program utama tidak terlalu besar. Dengan demikian apabila program dijalankan, tidak memerlukan memory yang terlalu besar.


Dengan adanya pola program yang terstruktur (structured programming) yang juga merupakan salah satu rancangan teknik, maka bentuk program PASCAL menjadi standart sehingga mudah untuk melakukan pelacakan arah program ataupun saat diperlukan perbaikan. PASCAL menggunakan instruksi IF-THEN-ELSE dan DO-WHILE untuk mengontrol struktur dari program yang dimilikinya.


dBASE Programming merupakan salah satu high level languge yang telah dikembangkan sedemikian rupa secara specifik untuk microcomputer, sehingga memungkinkan adanya penggunaan software secara minimum, tetapi pemakai dapat dengan mudah dan cepat dapat menentukan, membangun dan kemudian meng-access (memanggil kembali) file-file yang mereka miliki.


Dengan adanya hal ini, pemakai dapat dengan mudah mengolah dan membuat laporan dari file mereka sendiri secara interaktif melalui keyboard dan layar monitor ataupun printer. dBase juga menawarkan suatu penulisan dan penyimpanan urutan-urutan tindakan, dan mengulanginya jika diperlukan. Dengan kata lain, dBase adalah bahasa yang diinterpetasikan dan menghasilkan kode intermediate.


Para pengguna komputer berbasis Windows, kini menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek Bahasa pemrograman yang ditawarkan dengan banyak kemudahan ini, menggunakan kosa kata yang cantik, yakni Visual, sehingga kita mengenal adanya Delphi milik Borland, Visual C++, Visual Basic, atau Oracle, PowerBuilder, Visual dBase, Visual Foxpro, untuk aplikasi database.


Visual Basic dari Microsoft Corporation, merupakan bahasa pemrograman yang secara cepat dan mudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada Microsoft Windows.


Kata "Visual" yang ada, menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat graphical user interface (GUI). Dengan cara ini kita tidak lagi memerlukan penulisan instruksi pemrograman dalam kode-kode baris, tetapi dengan secara mudah kita dapat melakukan drag dan drop objek-objek yang akan kita gunakan.


Kata "Basic" merupakan bagian bahasa BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code), yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programmer untuk menyusun aplikasi. Visual Basic dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC dan sekarang banyak berisi statemen, fungsi, dan keyword, yang beberapa diantaranya terhubung ke Windows GUI. Versi terbaru program ini menggunakan nomor versi 6.0


Guna menyusun sebuah aplikasi, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja. Dengan membuat user interface melalui kontrol "drawing", seperti halnya text box dan command button, dalam sebuah form. Selanjutnya kita dapat mengatur properti untuk form dan kontrol yang ada di dalamnya. Misalnya memberi nilai caption, color, dan size. Untuk proses terakhir, kita dapat menuliskan kode untuk memasukkannya ke dalam sebuah aplikasi.


Jika kita sudah mengetahui urutan proses pembuatan aplikasi diatas, hal ini akan membantu untuk mengetahui konsep di mana Visual Basic membangun sebuah aplikasi. Karena Visual Basic merupakan bahasa pemrograman Windows, yang telah lama "bersahabat" dengan para pemakainya dan banyak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan penggemarnya, hal ini akan memudahkan programmer versi BASIC. Jika kita seorang programmer Windows baru, masih memerlukan pemahaman yang mendasar dari sebuah program.


Visual Basic 6.0 dapat digunakan dalam tiga edisi, dimana setiap edisinya menunjukkan fasilitas dan kemampuan sendiri-sendiri.
o Edisi Learning
Di dalam edisi ini para programmer diberi kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana Microsoft Windows dan Windows NT secara mudah. Di dalamnya disertakan beberapa kontrol sederhana, ditambah grid, tab, dan kontrol data-bound.


o Edisi Professional
Di dalam edisi ini disertakan tool-tool yang lengkap. Di samping berisi semua fasilitas yang ada dalam edisi Learning, juga ditambah kontrol ActiveX, Desainer Aplikasi Informasi Internet, Integrated data Tools dan Data Environment, Active Data Objects, serta Dynamic HTML Page Designer.


o Edisi Enterprise
ini memberikan ijin kepada para profesional untuk membuat aplikasi dalam sebuah tim. di dalamnya dimasukkan semua fasilitas yang ada pada edisi Professional, ditambah tool Back Office seperti SQL Server, Microsoft Transaction Server, Internet Information Server, Visual SourceSafe, SNA Server, dan masih banyak yang lainnya.


Keuntungan Menggunakan Visual Basic
Produk-produk Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, Excel, ataupun Access, menyediakan fasilitas untuk mengoptimalkan kegiatan melalui fasilitas makro. Jika kita perhatikan, makro merupakan pemrograman yang dikhususkan untuk program aplikasi tersebut. Sintaks bahasa Basic juga digunakan dalam pemrograman ini atau disebut dengan Visual Basic for Application (VBA). Dengan demikian, jika kita telah mengenal Visual Basic, kita akan dengan mudah untuk melakukan pemrograman menggunakan aplikasi-aplikasi ini.


Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan Internet, peluang memanfaatkan Internet untuk tujuan bisnis sudah merupakan hal yang tidak terelakkan lagi . Untuk mengantisipasi hal ini, Microsoft juga telah merencanakan untuk mengembangkan pemrograman khusus Internet yang menggunakan bahasa Visual Basic yang disebut dengan Visual Basic Script.


Visual Foxpro 6.0 merupakan versi terbaru dari generasi FoxPro. FoxPro sendiri merupakan perangkat lunak yang tidak hanya terbatas untuk membangun aplikasi berbasis database, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat label surat misalnya.


Visual FoxPro 6.0 datang bersama produk-produk Microsoft lain dalam paket Visual Studio 6.0, seperti Visual Basic, Visual C++, dan lainnya. Dalam versi terbarunya ini, Visual FoxPro mempunyai banyak sekali fasilitas-fasilitas baru yang tidak akan kita dapatkan pada versi sebelumnya.


FoxPro adalah sebuah Sistem Manajemen Database (Database Management System/ DBMS) elektronik, yang membantu kita untuk mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Sedangkan Visual Foxpro sendiri adalah bahasa pemrograman visual yang berorientasi pada obyek dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS). Visual FoxPro mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh bahasa pemrograman lain.


Beberapa fasilitas baru yang dimiliki oleh Visual FoxPro versi 6.0 adalah:
o Access dan Assign Methods
Metode ini digunakan untuk mengeksekusi kode ketika nilai sebuah properti diquerikan atau ketika kita berniat mengubah nilai properti. Keuntungannya adalah kita dapat membuat sebuah interface publik untuk sebuah class atau objek yang memisahkan interface dari implementasi. Keuntungan lainnya adalah, kita dapat dengan mudah meng-implementasikan validasi properti dan juga dapat melindungi properti dalam kontrol ActiveX yang di-subclass-kan.


o Active Document
Sebuah Active Document adalah sebuah Windows-based, aplikasi non-HTML yang diletakkan pada sebuah browser. Active Document menyediakan sebuah cara untuk fungsionaliti sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui interface browser. Aplikasi Active Document Visual FoxPro sama seperti aplikasi Visual FoxPro lain yang dapat kita jalankan, seperti form, laporan dan label, peng-kelas-an siap pakai, dan memanipulasi data, tetapi juga ditambahkan keuntungan lain dalam container Active Document, seperti Internet Explorer.


o Component Gallery
Component Gallery adalah tool baru yang membantu untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan objek seperti librari class, form, button, dan lain-lain ke dalam objek, proyek, aplikasi atau group lainnya. Tool ini sangat dinamik sehingga kita dapat menggunakan, menggadakan atau mengatur kembali komponen antara beberapa klasifikasi dengan Componen Gallery. Component Gallery juga mengandung class pembentuk Visual FoxPro baru yang menyediakan fungsi "right-out-of-the-box".


o Aplikasi Coverage Profiler
Aplikasi Pengulas (Coverage) menulis informasi tentang baris kode mana dalam sebuah file yang kita jalankan. Aplikasi Penampang (Profiler) menyediakan informasi tentang baris mana yang dijalankan, berapa lama, durasi, dan lain sebagainya. Pengulas dan Penampang digunakan untuk mengidentifikasi area masalah dalam sebuah aplikasi, terutama kode yang terlewat dan performansi "leher botol". Visual FoxPro Coverage Profiler juga menyediakan sebuah mesin Coverage yang dapat digunakan menurut keinginan, dan sebuah aplikasi multi jendela yang dapat digunakan untuk menganalisa program dan proyek.


o GIF dan JPEG
Untuk lebih jauh mendukung kemampuan operasi antar Internet, Visual FoxPro ditingkatkan untuk mendukung format file grafis GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Electronic Group).


o HTML Help
HTML Help adalah solusi Microsoft untuk membawa isi Help ke dunia Internet. Visual Studio datang dengan HTML Help Workshop sehingga Anda dapat membuat dan mendistribusikan file HTML Help dengan aplikasi Visual FoxPro.


o Elemen-elemen bahasa baru
Bahasa Visual FoxPro ditingkatkan untuk menyederhanakan tugas pemrogram. Dan juga, banyak fungsi manipulasi nama file yang tersedia dalam Foxtools.fll, perpustakaan Visual FoxPro, telah ditambahkan pada Visual foxPro.


o OLE Drag & Drop
Visual FoxPro sekarang mendukung OLE (Object Linking & Embedded) drag-and-drop, sebuah tool yang canggih dan berguna untuk memindahkan data ke aplikasi lain yeng mendukung OLE drag-and-drop (seperti Visual Basic, Windows Explorer, Microsoft Excel dan Word). Dalam pendistribusian aplikasi Visual FoxPro, Anda dapat memindahkan data antara kontrol dalam aplikasi, atau antara kontrol dan aplikasi Windows lain yang mendukung OLE drag-and-drop.


o Automation Server
Visual FoxPro mengalami peningkatan yaitu pengotomatisan server yang bekerja baik dengan produk dan teknologi seperti Microsoft Visual Basic, Microsoft Transaction Server, dan Active Server Pages.


o Wizard dan Builder baru
Selain peningkatan beberapa wizard yang sudah ada, Visual FoxPro datang dengan wizard-wizard dan builder baru yang membantu dalam membangun aplikasi, membuat database, mempublikasikan data kita pada Web, membentuk pemodelan objek, dan membuat wizard sendiri.


o Dukungan Year 2000 Date
Beberapa bahasa tingkat tinggi telah ditambahkan pada Visual FoxPro untuk mendukung penanggalan Year 2000 dalam kode aplikasi


Visual C++ adalah bahasa pemrograman C++ versi Microsoft. Didasarkan pada bahasa C, C++ adalah versi pembaharuan dari C yang mengambil bahasa C ke evolusi bahasa pemrograman aras berikutnya - yang menyediakan pemrograman berorientasi objek.


Visual C++ adalah bahasa yang dikompilasi. Sebuah compiler C++ (bahasa pemrograman C++ yang merupakan bagian dari Visual C++ kita) mengambil instruksi-instruksi bahasa C++ dan menterjemahkannya ke dalam format yang dapat dibaca komputer. Kompiler C++ adalah perangkat yang digunakan komputer untuk memahami instruksi-instruksi bahasa C++ di dalam program Anda. Microsoft Visual C++ datang bersama editor miliknya dan lingkungan pemrograman terpadu yang membuat pemrograman menjadi mudah dikelola.


Setelah Anda menulis kode Visual C++, Anda menjalankannya melalui Visual C++, menghasilkan instruksi yang terkompilasi dengan benar dan menjalankan program tersebut.


Sebuah praprosesor membaca pengarah praprosesor program untuk mengontrol pengkompilasian. Perhatikan bahwa program Visual C++ Anda harus dilewatkan melalui praprosesor sebelum program dikompilasi. Praprosesor membaca simbol-simbol khusus di dalam kode yang disebut pengarah praprosesor yang Anda masukkan di dalam program, untuk mengontrol pengkompilasian program. Visual C++ dengan sendirinya membentuk langkah praprosesor, sehingga tidak perlu pemahaman tambahan bagi Anda selain meletakkan pengarah praprosesor ke dalam program-program Anda.


Program Anda harus melalui tahapan terakhir setelah pengkompilasian dan sebelum pengeksekusian. Tahapan ini disebut tahapan linking atau link editing. Pada saat program Anda di-link, program yang disebut linker memasok informasi yang diperlukan saat pengeksekusian ke program yang dikompilasi. Anda juga dapat menggabungkan beberapa program yang dikompilasi ke dalam sebuah program yang dapat dieksekusi dengan melakukan link.


Ide munculnya Delphi sebenarnya berasal dari bahasa pemrograman yang cukup terkenal, yaitu Pascal. Pada tahun 1992 Borland International menggabungkan Turbo Pascal for DOS dan Turbo Pascal For Windows menjadi satu paket bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama Borland Pascal versi 7. Karena pemrograman Windows dengan Borland Pascal masih dirasa cukup sulit, maka sejak tahun 1993 Borland International mengembangkan bahasa Pascal yang bersifat Visual. Hasil dari pengembangan ini adalah dirilisnya Borland Delphi tahun 1995.


Sekitar satu tahun sesudahnya, yaitu tahun 1996, Borland International merilis Borland Delphi 2 yang dikhususkan untuk sistem operasi Windows 95 dan Windows NT. Sampai saat ini Borland telah merilis versi terbarunya yaitu Borland Delphi 6.


Borland Delphi 6 adalah lingkungan pengembang aplikasi cepat yang pertama untuk Windows yang mendukung penuh layanan Web. Dengan Delphi 6, pengembang kelompok atau individu dapat membentuk generasi berikutnya dari aplikasi e-business di Internet dengan cepat dan mudah.





4.6. PAKAGE SOFWARE

Package Software merupakan suatu software yang dibikin oleh Software House ataupun Konsultan Komputer ataupun Organisasi yang ditulis agar bisa digunakan oleh para pemakai komputer. Paket software biasanya memanfaatkan programming language yang oleh kebanyakan pemakai komputer masih dianggap terlalu sulit untuk digunakan ataupun dimanfaatkan


Dengan adanya package-software ini, komputer menjadi semakin mudah untuk digunakan oleh para pemakai. Penggunaan komputer benar-benar diarahkan kepada konsep user-friendly (komputer semakin dekat dengan pemakai dan komputer semakin mudah digunakan) Pelbagai kesulitan ataupun prosedur yang terdapat didalam programming language, teratasi dengan adanya package software.


Untuk melakukan pencetakan misalnya, dengan programming language pemakai harus mengikuti beberapa prosedur yang ada, serta menuliskan instruksi sesuai dengan aturan yang ada didalam programming language. Dengan menggunakan Package Software, pemakai cukup menekan tombol P yang artinya Print, dan secara otomatis komputer akan mencetak lembar yang dimaksud.


Dalam hal ini, pengertian package software bisa terbagai menjadi dua, yaitu Package Program dan Tailor Made Program. Package Program merupakan suatu program jadi dan pemakai komputer tinggal memanfaatkannya saja. Sedang pengertian dari Tailor Made Program, merupakan program yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan para pemakai. Dua-duanya dibikin oleh software houses, konsultan komputer ataupun organisasi.


Guna memberikan ilustrasi, kita bisa meilhat baju seperti yang nampak pada gambar. Baju tersebut bisa dibeli dari toko, tetapi juga bisa dibikin oleh tukang jahit sesuai dengan ukuran dan selera pemakainya. Baju yang dibeli dari toko, dalam hal ini disebut sebagai Package, dan yang dihasilkan oleh tukang jahit disebut sebagai Tailor Made.


Yang dimaksud dengan "tukang jahit" disini adalah Software House ataupun Konsultan Komputer ataupun Organisasi. Mereka merupakan sebuah perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang jasa pembuatan software komputer. Pekerjaan rutin mereka adalah membikin program-program paket ataupun program-program pesanan (tailor-made).


Software house ini ada yang mempunyai scope international dan ada pula yang hanya lokal. Microsoft Corporation merupakan salah satu software house yang sangat terkemuka dan mempunyai scope international. Salah satu produk software yang dihasilkan adalah Package Program Microsoft Word yang dibuat melalui C language


Dengan adanya Microsoft-Word, pemakai komputer tidak perlu lagi memikirkan masalah ataupun segala macam aturan yang terdapat didalam programming language. Bagaimana cara membuat file, bagaimana cara memperbaiki dan bagaimana pula cara menyimpan ataupun mencetak sebuah file, semuanya bisa dikerjakan oleh Microsoft-Wordr, dan pemakai komputer tinggal memanfatkan saja.


Karena kesulitan-kesulitan yang ada didalam pembuatan sebuah program sudah diatasi dengan WordStar, maka menggunakan WordStar tentunya lebih mudah seandainya dibanding dengan pembuatan sebuah program.


Dengan demikian, tenaga-tenaga yang terdapat didalam Software house ataupun Konsultan Komputer ini, merupakan kumpulan dari orang-orang yang memang sangat ahli dalam bidang komputer, pada khususnya ahli dalam bidang pembuatan program. Disamping itu, mereka juga sangat ahli ataupun sangat menguasi permasalahan yang ada.


Jenis Package Program lainnya yang mempunyai klas "dunia" pada saat ini cukuplah banyak, seperti misalnya Microsoft Excel, Adobe, Corel dan masih banyak lagi.


Yang dimaksud dengan Program Tailor Made adalah program yang secara khusus dibuat untuk menyelesaikan suatu permasalahan diperusahaan tersebut. Sebagai contoh program KRS yang digunakan di-STMIK Dian Nuswantoro. Dengan adanya program ini, maka komputer yang dimiliki oleh STMIK Dian Nuswantoro secara otomatis bisa menghitung IPK dari setiap mahasiswa pada saat dibutuhkan.


Dikarenakan permasalahan yang dihadapi oleh STMIK Dian Nuswantoro tidak bisa disamakan dengan permasalahan pada umumnya, maka pihak STMIK Dian Nuswantoro memutuskan untuk membuat sendiri program-program yang diperlukannya. Program semacam inilah dikenal sebagai Tailor Made Program.


Pada awalnya, pihak STMIK Dian Nuswantoro membuat sebuah program (dengan menggunakan dBase Programming) yang bisa digunakan untuk memasukkan seluruh data mahasiswa yang dimilikinya kedalam file komputer. Data mahasiswa yang ada, kemudian disimpan didalam file komputer yang bernama INDUK. Yang dimaksud dengan data mahasiswa adalah: data mengenai Nama, NIRM, Jurusan, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir dan lain sebagainya.


Pada tahap berikutnya, pihak STMIK Dian Nuswantoro membuat program yang bisa digunakan untuk menyimpan seluruh mata kuliah yang dimilikinya berikut bobot SKS dari setiap mata kuliah. Data mengenai mata kuliah berikut bobot SKS yang dimilikinya, kemudian disimpan didalam file komputer yang bernama MAKUL


Sebelum perkuliahan dimulai, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi KRS (Kartu Rencana Study) terlebih dahulu, guna memastikan mengenai mata kuliah yang akan diambil/diikuti pada semester yang akan datang. Hasil isian mahasiswa ini, kemudian dimasukkan kedalam komputer, dan disimpan didalam file yang bernama KRS


Setelah ujian berlangsung, baik ujian mid-semester ataupun ujian semester, para dosen kemudian menyerahkan nilai kebagian BAK (Bagian Administrasi Kependidikan). Oleh BAK, nilai-nilai yang berasal dari dosen ini, kemudian dimasukkan kedalam komputer. Dalam hal ini BAK cukup memasukkan NIRM dari mahasiswa yang bersangkutan dan kode mata kuliah yang diikuti, dan kemudian nilai dari dosen yang bersangkutan.


Dengan tersimpannya data-data mengenai mahasiswa, data mengenai mata pelajaran dan data mengenai nilai didalam komputer, maka sewaktu-waktu diperlukan, komputer secara cepat dapat mencetak transkip nilai dari seluruh mata kuliah yang diikutinya, hasil yang diperoleh, Index Prestasi Kumulative dan lain sebagainya. Transkrip nilai inilah yang setiap semester akan dikirim kepada orang tua mahasiswa sebagai laporan hasil study dari putra/putri mereka.


Dibanding tailor made, paket program mempunyai keuntungan sebagai berikut: Perusahaan tidak membutuhkan waktu untuk membuat program, karena program yang dibeli bisa langsung digunakan serta laporan yang dibutuhkan bisa langsung dihasilkan. Kemungkinan kesalahan program menjadi sangat kecil. Paket biasanya menggunakan standart-standart tertentu dan hal ini bisa menambah keahlian/pengetahuan dari para pemakai.


Adapun kekurangan paket program adalah, tidak fleksibel karena dirancang dengan standart pembuat dan bukan standart pemakai, sehingga pemakai harus menyesuaikan diri untuk menerapkan paket program. Disamping itu, paket program biasanya sulit untuk dirawat, karena pemakai biasanya hanya mendapat object program dan bukan source program. Object program ini tidak mungkin bisa diperbaiki ataupun dimodifikasi barang sedikitpun.







LATIHAN
Pertanyaan Ulangan :
1. Apakah yang dimaksud dengan software komputer? Dan apapula yang dimaksud dengan program komputer?
2. Apakah perbedaan antara program komputer dan data komputer? Dapatkah Saudara menjelaskannya dengan memberikan sedikit pengertian ataupun contoh tentang jawaban saudara tersebut?
3. Kenapa sebuah sempoa dikatakan tidak menggunakan atau tidak memiliki software, sedangkan kalkulator dikatakan menggunakan software?
4. Apakah yang dimaksud dengan sistem software dan apa pula yang dimaksud dengan application software
5. Kenapa compiler diperlukan oleh komputer?
6. Dimana letak perbedaan kerja antara compiler dan interpreter? Manakah yang lebih menguntungkan menurut pendapat Saudara?
7. Apakah setiap bahasa program memerlukan adanya compiler atau interpreter? Apakah ada bahasa program yang tidak memerlukannya, terangkan jawaban saudara.
8. Program sebelum di-compile disebut sebagai apa? dan sesudah di-compile disebut sebagai apa
9. Membuat copy ataupun duplikat untuk diri sendiri termasuk pekerjaan yang dilarang, seandainya hal itu terjadi, interpreter akan bagaimana?
10. Apakah yang dimaksud dengan Operating system? Dibuat oleh siapa dan apa tujuan mereka membuat operating system?
11. Apa definisi Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI)?
12. Operating System untuk jenis komputer Aplle Iie adalah CP/M (Control Program for Microprocessor), dapatkah digunakan untuk menjalankan IBM-PC?, terangkan jawaban saudara!
13. Mencatat segala macam kegiatan yang ada, merupakan salah satu fungsi dari operating system, yaitu fungsi?
14. Apakah yang dimaksud dengan low level language? dan dimana perbedaannya dengan machine language ataupun assembly language?
15. Apakah Asembly language juga memerlukan adanya compiler ataupun interpreter? terangkan jawaban saudara!
16. Apakah kerugian yang didapat seandainya kita menuliskan suatu bahasa dengan menggunakan Assembly Language dibanding dengan menggunakan Basic Programming Language?
17. Menurut Saudara, manakah yang paling baik antara Basic, Cobol, Pascal dan d/BASE Programming? terangkan jawaban saudara!
18. Apa yang dimaksud dengan pemrograman visual?
19. Dapatkah program-program Visual dijalankan pada operating system DOS?
20. Dapatkah Saudara menyebutkan beberapa nama pemrograman visual?
21. Bagaimanakah hubungan kerja antara paket program (misal: MS-WORD) dengan bahasa program dan compiler? Dapatkah saudara menjelaskannya?
22. Apakah yang dimaksud dengan istilah User-Friendly? Kenapa istilah ini bisa muncul, dapatkah saudara menjelaskannya?
23. Apakah yang dimaksud dengan tailor-made program, dan apa bedanya dengan paket-program?

















5. JARINGAN KOMPUTER

5.1. PENGRTIAN DASAR JARINGAN

Pada masa permulaan perkembangan sistem komputer hanya dikenal satu jenis system, yaitu sistem komputer dengan proses yang terpusat seperti nampak pada gambar. Sistem seperti ini hanya menggunakan sebuah CPU yang akan melaksanakan semua tugas yang diperintahkan kepadanya. Hal ini berlaku baik untuk sistem yang digunakan oleh seorang pemakai (single-user) maupun digunakan oleh banyak pemakai (multi-user).


Pada komputer single user, sebuah CPU yang berfungsi untuk memproses data, biasanya dilengkapi dengan monitor dan keyboard dan hanya bisa digunakan oleh seorang pemakai. Komputer jenis ini kemudian dikenal sebagai personal komputer.


Pada komputer multi user, beberapa terminal yang berfungsi untuk memasukkan data, dihubungkan pada sebuah CPU. CPU kemudian memproses data yang berasal dari pelbagai terminal.


Pada system komputer semacam ini, semua peralatan pendukung yang digunakan, seperti misalnya printer, plotter, terminal dan sebagainya, juga dihubungkan melalui controller ataupun interface langsung ke-CPU tersebut.


Perkembangan pesat teknologi komunikasi data dan perangkat lunak yang terjadi menimbulkan apa yang dikenal sebagai system komputer dengan proses terbagi (distribusi processing) yang seperti terlihat pada gambar. Sistem ini menyebabkan suatu organisasi tidak lagi brgantung pada satu CPU. Rusak atau tidaknya suatu CPU tidak menyebabkan berhentinya seluruh proses dengan system komputer, tetapi hanya sebagian yang terganggu


Perkembangan teknologi semikonduktor yang sangat pesat menyebabkan munculnya personal komputer. Akibatnya semakin banyak lagi pihak yang mampu dan terdorong untuk menggunakan system komputer dalam melaksanakan tugasnya. Keadaan menyebabkan keperluan kerjasama antar system komputer yang lebih baik dari apa yang ada semakin mendesak


Perkembangan PC mendorong kebutuhan kerja sama antar system komputer PC dan juga komputer yang lebih besar (mini ataupun mainframe). Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya apa yang dikenal dengan Local Area Network atau disingkat LAN ataupun Wide Area Network yang disingkat WAN.






5.2. MAMFAAT JARINGAN
a. Pemakaian peralatan secara bersama
Peralatan komputer seperti misalnya CPU, hard-disk, magnetic-tape, printer, power suplay ataupun yang lainnya, dapat dipakai secara bersama-sama oleh sekian banyak pemakai. Tentunya dengan cara seperti ini, pemakai bisa lebih banyak menghemat biaya dibanding dengan cara sebelumnya, yaitu sebelum konsep jaringan diketemukan.


Dengan adanya system ini, menyebabkan semua PC yang tadinya bekerja sendiri dapat saling bekerja sama dalam batas-batas tertentu, bahkan juga dengan system komputer yang lebih besar


Kerja sama juga dapat dilakukan dapat semakin berkembang dengan adanya pertukaran data sampai saling memakai peralatan dihubungkan dengan salah satu system komputer (resources sharing atau juga disebut hardware sharing).


b. Hubungan Antar Sistem Yang Berbeda
Pada saat ini banyak dijumpai merk-merk komputer dengan pelbagai system operasi yang dimiliki. Dengan adanya system jaringan ini memungkinkan semuanya untuk disatukan menjadi satu jaringan yang terpadu.


Pelbagai system dan merk yang berbeda dapat saling dihubungkan pada suatu jaringan dan bila merk tersebut menggunakan protocol yang sama, maka tidak hanya berhubungan secara pisik, tetapi juga dapat saling berkomunikasi dan bekerja sama.


Sebuah terminal misalnya, dapat berhubungan dengan pelbagai macam system sehingga tidak perlu setiap system memiliki terminal sendiri. Demikian pula halnya dengan printer yang dapat digunakan secara bersama oleh dua atau lebih system.


c. Pemakaian data secara bersama
Dengan adanya konsep jaringan yang menghubungkan system satu dengan system lainnya, maka memungkinkan pengiriman file dari system yang satu ke-sistem yang lain. Hal ini bahkan mungkin dilakukan antar system yang berbeda merknya


Dengan adanya konsep jaringan, maka data dan program yang terletak dilokasi berjauhan, kini dapat digunakan secara bersama oleh beberapa pemakai komputer tanpa harus memindahkan kekomputer-komputer mereka terlebih dahulu. Proses ini dinamakan proses distribusi. Suatu file data yang dapat dipakai secara bersama juga disebut sebagai share-data.


Disamping itu, fixed disk yang ada juga dapat dipakai secara bersama sehingga suatu PC yang terhubung secara jaringan tidak selalu perlu memiliki suatu fixed disk drive tersendiri. Bahkan tidak hanya disk secara keseluruhan


d. Pengurangan kertas kerja
Dengan adanya data dan program yang tersimpan secara bersama, maka kebutuhan akan kertas kerja yang digunakan untuk menyimpan pelbagai macam dokumen, akan menurun secara drastis.


Dokumen-dokumen yang ada pada akhirnya akan tersimpan didalam suatu file database yang dapat digunakan secara bersama oleh beberapa pemakai komputer.


e. Pemakaian terminal
Pemakaian terminal sebagai media input dan output pada konsep komunikasi data, adalah sangat murah. Harga komputer dewasa ini sangatlah murah, dan harga terminal jauh lebih murah apabila dibanding harga sebuah komputer. Dengan demikian, terminal pada akhirnya mempunyai nilai efisiensi dan produktifitas sedemikian tingginya.


Jaringan menyebabkan banyak pemakai dapat saling bekerja sama tanpa harus menyebabkan ketergantungan pada satu CPU, sehingga bila CPU tersebut tidak bekerja, maka semua pemakai tidak harus berhenti, tetapi dapat mengalihkan pada CPU yang lain.


f. Kemudahan mendapat informasi
Dengan adanya konsep yang saling terhubung ini, maka waktu dan jarak kini sudah bukan menjadi masalah. Informasi yang sedemikian berharganya, dapat segera diperoleh dalam waktu yang sangat singkat, dan komputer dari tempat yang saling berjauhan-pun dapat saling bertukar informasi.


g. Penyebaran informasi
Informasi yang ada dapat setiap saat disebar luaskan melalui terminal-terminal yang ada dipelbagai tempat. Disamping itu, penerima informasi juga dapat menjawab ataupun memberikan tanggapannya secara langsung melalui terminal yang ada dihadapannya. Dengan demikian, distribusi dan aksebilitasnya dapat meningkat.


h. Waktu luang lebih banyak
Jaringan komputer juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja bagi para pemakai komputer, serta kualitas produk yang dihasilkan. Dengan kemudahan meng-access data dari pelbagai tempat, pemakai komputer dapat memiliki waktu luang yang lebih banyak dan waktu ini dapat digunakan untuk rekreasi, penelitian dan lain sebagainya. Semua ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas.






5.3. PERALATAN YANG DI GUNAKAN

a. Terminal (Client/ Workstation)
Terminal merupakan suatu peralatan yang terdiri atas monitor dan keyboard. Pada terminal tidak terdapat alat pemroses data atau tidak terdapat CPU. Terminal jenis ini disebut sebagai dump-terminal atau terminal bodoh.


Peralatan yang berupa keyboard dan CRT yang terdapat pada terminal, mempunyai kemampuan untuk menyalurkan pesan kedalam CPU dengan menggunakan keyboard, serta menerima pesan (message) yang berupa soft-copy melalui layar monitornya.. Apabila ditambah dengan printer, maka terminal juga terminal dapat menerima hard-copy message.


Komputer personal atau PC, kadang juga digunakan sebagai terminal. Kondisi seperti ini disebut sebagai intelligent-terminal, sebab terminal ini selain berfungsi sebagai input/output device, terminal ini juga memiliki kemampuan untuk memproses data yang dimilikinya. Inteligent-Terminal juga dapat digunakan untuk membuat program, dan secara umum juga memiliki memory yang kapasistasnya lebih besar dari non-intellegent-terminal.


b. Host atau Server
Merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai pengendali utama dari suatu jaringan dimana semua proses pengolahan data berlangsung. Pada umumnya, host merupakan komputer mainframe, mini ataupun PC yang mempunyai kapasitas memory yang lebih besar jika dibanding dengan terminal


c. Hubungan (Link)
Workstation dan Server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara isik tidak saling dihubungkan. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel (mengenai media ini akan dibahas lebih rinci pada sub-bab berikutnya). Di samping itu terdapat peralatan pelengkap seperti : Passive Hub, Active Hub, dan Konektor.


Passive Hub merupakan alat yang menghubungkan jalur dari server atau active hub ke workstation. Jadi fungsi passive hub yaitu mengalirkan sinyal dan membagi saluran komunikasi dari satu jalur menjadi beberapa jalur. Active Hub menghubungkan jalur antara server atau active hub itu sendiri dengan server lain, active hub lain, passive hub, atau workstation. Active hub harus diberi daya listrik. Fungsi active hub ada tiga, yaitu : mengalirkan sinyal, menguatkan sinyal, dan membagi saluran dari satu jalur menjadi beberapa jalur. /td>


d. Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protokol yang berhubungan dengan hardware. Rangkaian ini disebut Network Interface Card. atau Network Controller. Network Controller ini berbeda-beda untuk setiap jenis LAN, tetapi memang ada controller yang rangkaiannya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk lebih dari satu jenis LAN.


e. Software Network
Software ini sangat penting dan mutlak, karena tanpa software maka jaringan tersebut tidak akan berfungsi sehingga workstation dan server tidak dapat bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain. Bagus tidaknya suatu LAN sangat ditentukan oleh bagus tidaknya software yang mengelola jaringan tersebut. Faktor software inilah juga yang menentukan perbedaan antara jenis LAN yang satu dengan LAN yang lain demikian pula fasilitas apa saja yang dapat diperoleh dengan menggunakan LAN sangat ditentukan oleh software tersebut.


Meskipun LAN sangat populer di dunia PC sehingga umumnya yang dikenal sebagai node/ host atau server pada suatu LAN adalah workstation atau PC, tetapi sistem komputer dalam berbagai macam ukuran maupun kapasitas dapat juga menjadi bagian dari suatu node/ host suatu LAN (baik sebagai server maupun sebagai client). Jadi sitem komputer juga merupakan salah satu komponen dalam suatu LAN.


f. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi untuk LAN hampir sama dengan perangkat lunak untuk sistem single user (stand alone) biasa, seperti pengolah kata, spreadsheet, database, grafik, dan lain-lain. Tetapi ada perbedaannya yaitu perangkat lunak untuk LAN harus dari jenis multiuser. Bila tidak maka file-file yang sedang dibuka oleh salah satu workstation tidak bisa diakses oleh workstation yang lain.






5.4. MEDIA TRANMISI DATA

a. Kabel Untiran.
Kabel jenis ini merupakan kabel yang paling luas penggunaannya karena dipergunakan untuk jaringan telpon. Kabel ini terbuat dari tembaga dimana beberapa pasang kabel di-untir dan dijadikan satu. Guna mempertinggi kualitas kabel, seringkali setiap pasang kabel akan saling di-untir sehingga disebut sebagai kabel untir-an.


b. Kabel Koaksial
Pada jenis ini, kabel utama yang terbuat dari tembaga akan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lainnya dan diantaranya terdapat isolasi. Dari sudut harga, kabel ini lebih mahal apabila dibanding dengan kabel untiran, tetapi kualitas yang diberikan juga lebih baik.


c. Fiber Optic Cable (Serat Optik).
Dewasa ini terdapat usaha untuk menggunakan cahaya sebagai media komunikasi. Data yang ada akan dibawa oleh cahaya, dan untuk menyalurkan cahaya yang membawa data tersebut, diperlukan adanya suatu jenis kabel yang khusus, dan kabel inilah yang disebut sebagai fiber optic cable ataupun serat fiber. Fiber optic terdiri atas suatu gelas fiber yang sangat tipis dan dapat dipergunakan untuk menyalurkan data dalam jumlah dan kecepatan yang sangat tinggi.


d. Gelombang Radio-AM
Sinyal yang berbentuk analog, juga dapat ditransmisikan melalui udara, seperti misalnya: gelombang radio. AM-Radio yang merupakan singkatan dari Amplitude Modulation, dapat menangkap sinyal pada frekwensi yang sama, dan dengan kekuatan dan amplitude yang dimilikinya, dapatlah menggerakkan informasi kearah yang dituju.


e. Pemancar Radio-FM /Station Televisi
Pemancar radio-FM dan station televisi juga dapat digunakan untuk menyalurkan gelombang analog. Dalam hal ini, Station televisi ataupun pemancar Radio-FM (Frekwensi Modulation) akan ng mendiami gelombang antara 54 hingga 806 megahertz (millions of cycles per second)


f. Radio Komunikasi Gelombang Pendek.
Dalam hal ini, radio komunikasi gelombang pendek banyak digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya ORARI ataupun kepolisian, juga dapat dimanfaatkan untuk membawa sinyal analog ketempat yang dituju. Radio komunikasi gelombang pendek memiliki frekwensi yang lebih tinggi jika dibanding dengan frekwensi yang dimiliki oleh pemacar radio-AM.


g. Telephone Cellular
Telpon celuler ataupun telpon genggam, ataupun telpon mobil yang bekerja pada frekwensi 825 hingga 890 megahertz, juga dapat dimanfaatkan sebagai suatu media transmisi komunikasi data.


h. Gelombang Mikro.
Komunikasi data melalui gelombang elektro magnet (udara) yang paling banyak digunakan adalah dengan gelombang mikro atau microwave. Cara ini bisa menjangkau jarak yang sangat jauh, sehingga banyak kalangan industri ataupun pribadi yang menggunakannya untuk memindahkan/ menyalurkan suara, video ataupun data komunikasi


I. Satelit.
Penggunaan satelit dirancang untuk mengurangi biaya pada pengiriman jarak yang sangat jauh. Apabila digunakan gelombang mikro, maka diperlukan banyak sekali station pemancar bumi yang harus dibangun. Disamping itu juga harus diingat adanya lautan yang memisahkan daratan satu dengan lainnya. Dengan menggunakan satelit, maka permasalahan yang ada bisa diatasi. Satelit secara umum bekerja pada frekwensi antara dua hingga 40 gigahertz (billion of hertz)






5.5. BENTUK TRANSMISI LINES
a. Simpleks Line (Komunikasi Satu Arah).
Merupakan bentuk saluran komunikasi yang paling murah, dimana komunikasi jenis ini hanya bisa berlangsung satu arah, dengan demikian pengirim informasi tidak bisa bertindak ataupun berubah menjadi penerima informasi, demikian pula sebaliknya.


Walaupun murah, jenis ini Simpleks line jarang dipergunakan untuk komunikasi data, kalaupun terpaksa hanya dipergunakan untuk hubungan antara CPU dengan printer, dimana printer hanya akan bertindak sebagai penerima informasi dari CPU. Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa melihat radio panggil (pager) yang menggunakan transmisi-line dengan bentuk simpleks


b. Half-Dupleks (Dua Arah Bergantian).
Hal-dupleks line mengijinkan transmisi data dilakukan dalam dua arah, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan. Jika line yang ada sedang mengirim data, misalnya dari terminal ke-CPU, maka line yang bersangkutan pada saat itu tidak bisa digunakan untuk mengirim data kembali dari CPU keterminal.


Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa melihat radio-CB yang digunakan oleh para Satpam ataupun anggota Kepolisian. Radio-CB yang mereka pergunakan, menggunakan bentuk saluran half-dupleks sehingga pada saat pembicaraan berlangsung, sang pembicara harus menekan tombol tertentu agar suara yang dikirimkan bisa disalurkan kepada penerima. Apabila dirasa cukup, maka pembicara akan mengucapkan kata "ganti" sebagai tanda bahwa saluran tersebut bisa digunakan oleh lawan bicaranya.


c. Full-Dupleks (Dua Arah Penuh).
Didalam komunikasi ini, penerima dan pengirim informasi bisa secara serentak melakukan kegiatan bersama-sama, ataupun saling bertukar posisi dari penerima menjadi pengirim berita dan sebaliknya. Data dalam hal ini dapat dikirim dari dua arah pada saat yang bersamaan


Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa melihat pada percakapan yang menggunakan telpon. Percakapan jenis ini menggunakan saluran dengan bentuk full-dupleks, dimana pembicra telpon bisa saling mengirim berita pada saat yang bersamaan.






5.6. JARINGAN KOMIKASI DATA

Komunikasi data, cepat atau lambat pada akhirnya akan mengarah kesuatu sistem jaringan. Hubungan komunikasi data yang paling sederhana adalah merupakan hubungan dari satu titik ketitik yang lain. Dalam hal ini hanya melibatkan satu pemancar data kesatu penerima data. Apabila hubungan ini dikembangkan dan akhirnya melibatkan penerima lainnya ataupun pemacar lainnya, maka terbentuklah sebuah jaringan komunikasi data.


Pengertian jaringan disini dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terkordinir dan saling berhubungan yang terdiri atas beberapa terminal ataupun PC ataupun mini-komputer dan mainframe yang bekerja sendiri-sendiri tetapi dapat saling bertukar data ataupun saling memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia. CPU yang ada dipusat disebut sebagai server ataupun host komputer, dan terminal yang ada juga disebut sebagai node ataupun simpul. Jaringan yang ada juga merupakan gabungan dari unsur hardware dan software sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.


a. Local Area Network
Merupakan suatu jaringan dimana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN pada awalnya dikembangkan dikomputer mini, tetapi justru menjadi populer setelah PC banyak digunakan.


Dengan adanya sistem LAN ini maka beberapa PC yang tadinya bekerja sendiri-sendiri, pada akhirnya dapat bekerja sama dalam batas-batas tertentu, bahkan juga dengan sistem komputer yang lebih besar. Kerjasama yang dapat dilakukan juga semakin berkembang dari hanya pertukaran data sampai saling memakai peralatan yang dihubungkan dengan salah satu sistem komputer.


Akibat banyaknya merk dan jenis komputer yang beredar, maka seringkali sebuah kantor memiliki lebih dari satu merk komputer dengan pelbagai jenis dan ukurannya. Padahal kantor sangat menghendaki agar semua sistem komputer yang dimilikinya dapat saling bekerja sama, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara lebih efisien dan perlatan yang mahal dapat digunakan secara bersama. Hal inilah yang menyebabkan dorongan munculnya LAN.


LAN menjadi sedemikian populernya karena secara umum dapat digunakan sebagai paralatan otomatisasi kantor. Pada gambar nampak sebuah jaringan LAN yang terdiri dari empat PC yang diletakkan pada pelbagai tempat. PC yang ada disebut sebagai workstation. Setiap workstation dapat digunakan sebagai stand-allone (komputer yang berdiri sendiri), tetapi juga dapat digunakan untuk meng-access storage ataupun output devices, yang dalam hal ini disebut sebagai peripheral, yang berlokasi saling berjauhan tetapi masih dalam satu jaringan.


Manajer pada Workstation-1 dapat menggunakan software expert system yang terdapat pada server untuk menyiapkan grafik serta mencetaknya dengan ploter. Manajer 2 yang terdapat pada Workstation-2 dapat menggunakan MS-Word dan mencetaknya dengan printer biasa. LAN dalam hal ini mampu memberikan semuanya itu kepada pemakai, dan ini tentu sangat menghemat biaya.


Jaringan LAN biasanya akan terdiri atas: File server, berfungsi untuk mengontrol harddisk serta menghubungkannya kedalam jaringan. Utility server, dengan adanya peralatan ini memungkinkan untuk setiap pemakai didalam jaringan bisa menggunakan beberapa peralatan, seperti misalnya modem, ploter dan lainnya. Printer server, berfungsi untuk membagi peng-access-an printer kedalam jaringan sehingga bisa dimanfaatkan seluruh pemakai. Gateway, merupakan suatu perlatan didalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan yang lain.


Sesuai dengan namanya, maka LAN hanya bisa menjangkau daerah yang areanya terbatas (local), seperti misalnya dalam satu gedung, satu departemen ataupun satu kampus (saat ini pengertian terbatas diartikan tidak lebih dari 20 km). Dan dikarenakan pendeknya jarak yang ada, maka kecepatan transmisi data menjadi sangat tinggi.


Media transmisi data yang digunakan pada LAN biasanya berupa kabel untiran seperti halnya yang digunakan pada kabel telpon, ataupun kabel koaksil yang biasanya digunakan pada televisi, ataupun kabel serat optik. Penggunaan udara sebagai media transmisi pada LAN pada saat ini belum umum digunakan. Dalam hal ini, jaringan LAN biasanya tidak memerlukan adanya modem.


b. Wide Area Network.
Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas dua ataupun lebih komputer dalam suatu area yaang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi seperti misalnya sistem telpon ataupun pemancar gelombang-mikro. Bentuk ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar ataupun departemen pemerintahan.


Pada saat ini, banyak sekali perusahaan yang memiliki cabang yang tersebar dipelbagai kota ataupun pelbagai negara. Setiap cabang yang ada, kemudian saling dihubungkan dengan sebuah jaringan yang bermuara pada kantor pusat. Pada saat ini, jaringan yang ada dapat menangani banyak hal, seperti misalnya melakukan komunikasi suara, data ataupun komunikasi gambar/video







5.7. TOPOLOGI JARINGAN

Topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geofrapis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.


a. Point to Point (Titik ke-Titik).
Jaringan kerja titik ketitik merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa.


Dalam hal ini, kedua simpul mempunyai kedudukan yang setingkat, sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung kesimpul lainnya sebagai penerima, misalnya antara terminal dengan CPU.


b. Star Network (Jaringan Bintang).
Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada satu titik, seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju. Dalam hal ini, bila pusat mengalami gangguan, maka semua terminal juga akan terganggu.


Model jaringan bintang ini relative sangat sederhana, sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar dipelbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik. Disamping itu, dunia pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang ini guna mengontrol kegiatan anak didik mereka.


c. Ring Networks (Jaringan Cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama. Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah.


Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat. Pertama, pesan yang ada akan disampaikan dari titik ketitik lainnya dalam satu arah. Apabila ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju.


Konfigurasi semacam ini relative lebih mahal apabila dibanding dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan, setiap simpul yang ada akan bertindak sebagai komputer yang akan mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Disamping itu, sistem ini lebih sesuai digunakan untuk sistem yang tidak terpusat (decentralized-system), dimana tidak diperlukan adanya suatu prioritas tertentu.


d. Tree Network (Jaringan Pohon)
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.


Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.


e. Bus Network
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama.


Dalam hal ini, jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada dipusat, sehingga bila salah satu peralatan atau salah satu simpul mengalami kerusakan, sistem tetap dapat beroperasi. Setiap simpul yang ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga untuk meng-access data dari salah satu simpul, user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari simpul yang dimaksud.


f. Plex Network (Jaringan Kombinasi)
Merupakan jaringan yang benar-benar interactive, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi






5.8.KOMUNIKASI ANTAR PERALATAN

Pada tahap awal pelajaran ini, dapatlah terlihat, bahwa pengertian hardware itu sangatlah luas. Hardware bisa dilihat dari kecepatannya, kode dasar binary yang digunakan, serta lainnya lagi. Dengan banyaknya perbedaan ini, maka situasi menjadi kritis apabila kemudian dikehendaki agar peralatan tersebut bisa saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.


Dalam hal ini, pengirim dan penerima informasi membutuhkan adanya interface yang bisa digunakan untuk penyelaras/pengatur pelbagai kecepatan ataupun pelbagai kode yang digunakan setiap komputer.


Suatu hal yang sangat tidak meng-enakkan dalam menyelenggarakan komunikasi antar peralatan ini adalah, banyak didominasi dengan pelbagai hal yang sangat teknis, dan hal ini sangatlah berbeda apabila dibanding dengan percakapan antar sesama manusia. Banyak hal ataupun banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar bisa menyatukan pelbagai peralatan serta saling mengerti antara satu dengan lainnya.


a. Parallell dan Serial Transmisi.
Jumlah channel yang dimiliki oleh setiap peralatan tidaklah sama, demikian pula halnya dengan jumlah track yang digunakan untuk mengirim data. Dalam hal ini, setiap character akan diwakili oleh bit-bit yang dapat ditransmisikan dalam bentuk paralel ataupun serial. Sebagai contoh, untuk men-transmisikan huruf H yang diwakili oleh 8 bit, bila menggunakan delapan chanel yang terpisah, disebut sebagai parellel transmission. Sebaliknya, jika bit-bit yang ada disalurkan dalam satu channel, disebut sebagai serial transmission.


Seperti yang nampak pada gambar, maka bentuk transmisi paralel mempunyai kecepatan yang lebih tinggi apabila dibanding dengan bentuk transmisi serial. Penyebabnya adalah, paralel memiliki banyak chanel, sedang serial hanya satu. Paralel lebih sesuai untuk pengiriman jarak pendek.


Komputer dengan pelbagai terminal pada lokasi yang saling berjauhan, biasanya menggunakan cara tradisional untuk saling berkomunikasi antara satu dengn lainnya, yaitu menggunakan bentuk serial. Serial interface yang umum digunakan adalah RS-232C, yang dikembangkan untuk men-standartisasi dikarenakan adanya hubungan yang saling berjauhan antara komputer dengan terminal.


Komputer secara umum membutuhkan adanya bentuk komunikasi kecepatan tinggi dengan peralatan yang ada didekatnya, seperti disk ataupun tape-unit. Dikarenakan jarak yang saling berdekatan, maka bentuk transmisi paralel dimungkinkan. Didalam sistem personal computer, peralatan yang berdekatan biasanya berupa printer yang juga dihubungkan secara paralel dengan sistem komputer yang ada.


b. Transmisi Asynchromous dan Syncronous
Pengertian transmisi serial, dapat dibagi lagi dalam bentuk syncronous ataupun asyncronous. Didalam transmisi asyncrounous, sebuah character akan dirim pada satu saat. Jika operator menekan tombol pada terminal, maka byte yang mewakili character akan dikirim menuju kekomputer. Penekanan tombol yang kedua, akan menyebabkan terkirimnya character yang kedua, dan demikian seterusnya. Antara character satu dengan character lainnya, dipisahkan dengan idle-time ataupun waktu kosong.


Tansmisi sysncronous membetulkan hal yang tidak efisien ini dengan cara mengirim data dalam block character dalam satu saat. Setiap block bisa berisi ribuan character. Dikarenakan tidak adanya idle time yang terdapat diantara character-character didalam block, maka penggunaan line menjadi sangat efisien.


Transmisi syncronous bisa dimungkinkan dengan adanya "buffer" yang terdapat didalam terminal dan berfungsi untuk menyimpan block character. Begitu buffer yang ada terisi, maka seluruh character yang ada didalam buffer tersebut akan segera dikirim melalui line yang ada menuju komputer.


Perbedaan utama antara transmisi asynchronous dan transmisi synchronous bisa dilihat pada gambar. Gambar yang menunjukkan transmisi asynchronous yang selalu diawali dan diakhiri dengan Start/Stop bit (sebuah bit yang menandai dimulainya pengiriman ataupun sebuah bit yang menandai akhir pengiriman ) untuk setiap character.


Didalam transmisi synchronous, setiap block character selalu didahulu dengan satu atau lebih "sync" (synchronous) bytes. Mesin penerima akan mendengar sinyal/isyarat yang berasal dari byte ini. Jika benar hal itu merupakan isyarat, mesin penerima akan memulai membaca character-character yang terdapat didalam block. Setelah satu block diselesaikan, mesin penerima akan melanjutkan "pendengarannya" terhadap syin-byte berikut.








5.9.MENYAMBUNG MICRO DENGAN MAINFRAME

Ketika sebuah perusahaan pertama kali menggunakan micro-komputer, biasanya mereka memanfaatkannya untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada kaitannya dengan spreadsheet (lembar-kerja) ataupun wordprocessing (pengolah kata) yang masih dalam bentuk sederhana. Setelah mereka semakin akrab dan menguasai micro-computer yang dimilikinya serta beberapa paket-software, kebutuhan pemrosesan kemudian mengalami peningkatan.


Setelah beberapa saat, data yang tersimpan didalam komputer semakin meningkat jumlahnya dan semakin bertambah pula nilainya. Beberapa sumber daya ataupun tenaga pemrosesan yang dimiliki oleh perusahaan juga mengalami peningkatan kemampuan. Kebutuhan akan pemrosesan data dengan menggunakan komputer yang memiliki kemampuan ataupun kapasitas yang lebih besar, akhirnya muncul.


Komputer yang besar adalah mainframe. Dengan demkian, data-data yang sudah tersimpan didalam micro-computer, harus bisa dibaca ataupun diproses oleh mainframe. Permasalahan komunikasi antara micro dan mainframe akahirnya timbul. Micro menggunakan bentuk asynchronous, serta modem yang menggunakan standart antara 300-2400 bps akan mengirim data secara serial melalui saluran telephone.


Pada sisi lain, mainframe menggunakan bentuk synchronous dengan standart berkisar 9600 bps. Disamping itu, micro biasanya bekerja dengan menggunakan standart ASCII, sedang mainframe menggunakan EBCDIC. Dikarenakan hal tersebut, bentuk komunikasi antara micro dengan mainframe masih jauh dari sempurna. Dua alternative yang kemudian dikembangkan agar komunikasi antar dua mesin ini bisa berlangsung, yaitu dengan menggunakan terminal emulation software serta menggunakan keduanya, yaitu microcomputer system dan terminal.


Terminal Emulation Software; Dengan adanya terminal emulation software ini, memungkinkan microcomputer diubah fungsinya menjadi dumb terminal yang dihubungkan dengan mainframe komputer. Tergantung dari paket yang digunakan serta data manajemen yang dimilikinya, mungkin "uploaded" menuju mainframe, ataupun "downloaded" dari mainframe.


Data-download software-lah yang memungkinkan micro untuk menerima pelbagai file yang berasal dari mainframe, yang kemudian menyimpannya disuatu tempat. Pada beberapa kasus, software yang ada dapat dipakai untuk membuat struktur ataupun format data yang kemudian dapat digunakan pada paket-paket yang populer pada micro-computer, seperti misalnya Lotus 123, dBaseIII, ataupun paket-paket lainnya.


Microcomputer/Terminal; Pendekatan yang lain adalah dengan mengkombinasikan fungsi micro-computer dan terminal, seperti halnya yang terdapat pada IBM 3270 PC (nampak pada gambar disamping). Pada mesin ini mempunyai kemampuan antara IBM-PC dengan IBM 3270-type synchronous terminal yang merupakan suatu peralatan yang sangat populer pada IBM Mainframe







5.10. INTERNET

Internet (INTERnational NETwork) dapat diartikan sebagai jaringan komputer internasional, dimana ribuan sistem komputer saling berhubungan satu dengan lainnya.. Kehadiran internet telah membiaskan batas-batas negara, sehingga berbagai informasi penting dapat dengan cepat dan sangat mudah didistribusikan ke seluruh penjuru dunia, maka abad ini kemudian disebut sebagai abad informasi.


Dengan adanya komputer yang saling terhubung tersebut, memungkinkan terjadinya pertukaran file data dan informasi yang terdapat pada masing-masing komputer. Hingga kini telah tercatat lebih dari 80.000 jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Internet suatu komunitas baru dari masyarakat yang sangat besar yang dikenal dengan istilah Cyberspace.






5.11. PENYEBAB INTERNET SEDEMIKIAN POPULER

Ada beberapa hal yang menyebabkan internet menjadi sedemikian populer. Yang pertama, komputer tetap terhubung satu dengan lainnya walaupun jalur ataupun line dalam keadaan sibuk. Yang kedua, tidak tergantung pada sebuah perusahaan ataupun vendor, serta tidak ada suatu kontrol yang terpusat.


Yang ketiga, biaya komunikasi menjadi sangat murah karena semuanya menggunakan biaya pulsa local walaupun komunikasi itu sendiri berlangsung antar benua. Yang ke-empat, banyak informasi berharga yang dapat kita access melalui internet.






5.12. PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Peralatan yang dibutuhkan untuk berhubungan dengan internet adalah:
a. Komputer dengan persyaratan minimum:
IBM PC atau kompatible-nya dengan processor 486, RAM 16 MB dan tersedianya Hard disk, serta menggunakan operating system Microsoft Windows 3.1


b. Modem
Telphone mengeluarkan sinyal analog, sedang CPU komputer menghasilkan sinyal digital. Agar saluran telphone yang ada bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal digital, diperlukan peralatan yang disebut modem. Modem berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Standard minimal modem yang diperlukan 14.4 kbps


Komputer kini banyak melengkapi dirinya dengan internal modem, artinya modem tersebut sudah merupakan satu bagian dari komputer itu sendiri. Dengan adanya internal modem ini, pemakai komputer tidak lagi perlu mengadakan modem tambahan untuk keperluan internet.


c. Saluran telephone.
Saluran telephone berfungsi untuk menyalurkan data yang telah diubah oleh modem dalam bentuk sinyal analog sinyal. Dengan adanya saluran ini, pada akhirnya, komputer dapat mengirim ataupun menerima data dari komputer lainnya.


d. Provider.
Pemakai internet harus menjadi anggota dari salah satu provider yang ada. Provider merupakan sebuah perusahaan pelayanan internet yang dapat menghubungkan komputer kita ke-internet. Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang ini antara lain, Idola, WasantaraNet, IndosatNet dan VisoNet.







5.13. MAMFAAT INTERNET

Banyak hal dapat dilakukan dengan internet, diantaranya dengan adanya fasilitas WWW (World-Wide-Web). Fasilitas WWW dapat dibayangkan sebagai suatu perpustakaan yang sangat luas, di-dalamnya berisi: majalah, koran, buku ilmiah, etalase, film, kaset, photo, dll. Dengan fasilitas ini, kita dapat melihat berbagai keterangan mengenai produk-produk ataupun berbagai informasi secara tidak terbatas.


Gambar disamping menunjukkan web dari Universitas Dian Nuswantoro yang dapat di-access melalui fasilitas WWW dengan alamat www.dinus.ac.id


E-Mail memungkinkan kita mengirim dan menerima surat secara elektronis, dimana waktu yang diperlukan untuk melakukan pengiriman hanya dalam satuan detik dan menit. Di samping itu, kita juga dapat menerima surat-surat yang ditujukan kepada kita, tanpa harus berada pada lokasi tertentu untuk membacanya; kita hanya memerlukan suatu komputer dengan kemampuan akses Internet.


Apabila kita ingin berkomunikasi secara global dengan sekelompok orang mengenai topik tertentu secara interaktif, gunakan fungsi IRC.


Untuk mengambil ataupun mengirimkan file, kita dapat menggunakan fasilitas FTP


Seandainya kita ingin berbicara dengan kawan ataupun partner bisnis yang berada di-dalam negri ataupun luar negri, gunakanlah fasilitas Internet-Phone. Selain kita dikenakan biaya pulsa local, lawan bicara kita juga akan muncul pada layar monitor.


Usenet adalah sistem kelompok diskusi dimana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. Usenet mempunyai ribuan kelompok diskusi, sehingga tidaklah mengherankan bahwa Usenet dapat meliputi segala macam topik diskusi yang kita inginkan.


Dengan adanya fasilitas E-Commerce (Electronic Commercial), maka transaksi penjualan bisa dilakukan melalui internet. Barang-barang yang ditawarkan ditampilkan dalam bentuk foto berikut data specifikasi teknis beserta harganya. Pembeli kemudian mengisi formulir yang telah disediakan sambil menyebut nomor kartu kredit yang dimiliki. Setelah menerima data dan kiriman uang, penjual segera mengirim barang kealamat pembeli.


Search Engine, merupakan suatu fasilitas yang terdapat di dalam internet dan dapat digunakan untuk mencari suatu data yang di input oleh pemakai Internet, sehingga dapat menemukan web site yang diperlukan dengan cepat. Ini mengingat bahwa World Wide Web telah menyebar ke seluruh dunia.


Misalnya kita lupa atau tidak mengetahui alamat ataupun Web-site dari Universitas Dian Nuswantoro, dalam hal ini kita bisa memanfaatkan fasilitas search engine yang ada. Ketik Dian Nuswantoro pada search-engine tersebut.


Hasilnya bisa kita lihat, seluruh data yang mengandung kata dian nuswantoro akan ditampilkan pada layar, sehingga kita bisa menemukan alamat yang kita cari.


Selain yahoo.com, ada beberapa search engine lainnya yang dapat digunakan diantaranya: altavista.com, excite.com, askjeeves.com, goto.com, webcrawler.com, google.com.






LATIHAN
Pertanyaan Ulangan :
1. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi data? Kenapa sedemikian dibutuhkan?
2. Dapatkah saudara memberikan contoh mengenai perbedaan antara komunikasi data dengan komunikasi suara, komunikasi gambar ataupun komunikasi isyarat?
3. Persyaratan apakah yang diperlukan agar komunikasi diantara dua orang dapat berlangsung secara efektif diantara dua orang. Bandingkan persyaratan tersebut dengan kebutuhan yang diperlukan untuk melakukan komunikasi data yang efektif diantara kedua peralatan!
4. Kenapa komunikasi digital dikatakan berbeda dengan komunikasi analog? Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai kedua gelombang tersebut!
5. Keuntungan apakah yang bisa diraih oleh komunikasi data ketika harus mengubah sistem telpon kedalam bentuk digital-transmission? Apakah kerugiannya?
6. Sebutkan nilai tambah yang bisa diberikan oleh network didalam komunikasi data
7. Salah satu manfaat komunikasi data adalah pemakaian komputer dan perlatannya secara bersama, dapatkah saudara menerangkan hal tersebut?
8. Buatlah perbandingan mengenai untung dan ruginya menggunakan kabel untiran dan serat optic.
9. Teknologi apa yang paling sesuai digunakan untuk melakukan komunikasi data pada jarak yang berdekatan?
10. Teknologi apa yang paling sesuai digunakan untuk melakukan komunikasi data pada jarak yang berjauhan?
11. Apakah yang saudara ketahui mengenai baseband?
12. Apakah bentuk transmisi dari percakapan telpon?
13. Sebutkan mothode transmisi yang digunakan pada modem low dan high speed?
14. Apa perbedaan yang utama antara accoustic couplers dengan direct-connect modem?










































6. APLIKASI KOMPUTER
PENERAPAN PPh Pasal 21 DENGAN BANTUAN KOMPUTER PADA PROSES PENGGAJIAN DI LPK-IMKA

6.1. LATAR BELAKANG
Sebagai suatu badan usaha yang dikelola oleh pihak swasta, LPK-IMKA juga dituntut untuk menerapkan adanya pelbagai peraturan, baik yang berasal dari dalam ataupun peraturan yang datang dari luar organisasi. Adanya keharusan untuk menerapkan Undang-Undang dan peraturan perpajakan, merupakan satu dari sekian banyak peraturan yang harus dilaksanakan oleh LPK-IMKA.


Dengan jumlah karyawan sebanyak 58 orang yang bila dikaitkan dengan adanya Undang-Undang dan peraturan perpajakan tersebut, maka akan menimbulkan pelbagai permasalahan baik bagi LPK-IMKA maupun bagi karyawannya. Hal ini disebabkan belum adanya penerapan Pajak Penghasilan pada proses penggajian karyawan secara memadai.


Pajak Penghasilan yang dalam hal ini dibagi menjadi dua, yaitu Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh Pasal 21) dan Pajak Penghasilan Badan (PPh Pasal 25). Adapun kebijakan yang diambil oleh LPK-IMKA dalam mengetrapkan pelaksanaan PPh Pasal 21 adalah, 50% dibebankan kepada karyawan dan 50% menjadi tanggungan perusahaan. Sedangkan PPh Pasal 25 berlaku bagi yayasan yang menaungi IMKA, yaitu Yayasan Tunas Harapan Kita.


Seperti diketahui, proses penggajian karyawan di LPK-IMKA pada saat ini telah dilakukan dengan sistem komputerisasi, tetapi dengan diberlakukannya PPh Pasal 21, sistem yang ada belum disesuaikan.



Sehingga untuk proses perhitungan pajak selalu dilaksanakan secara terpisah dan baru bisa dilaksanakan setelah proses perhitungan gaji selesai dilaksanakan oleh komputer. Disamping itu, proses perhitungan gaji yang dilakukan oleh LPK-IMKA juga masih memerlukan adanya beberapa penyempurnaan, seperti misalnya tidak bisa ditampilkannya riwayat hutang (pinjaman) dari seseorang karyawan dalam sebuah slip gaji serta tidak bisa ditampilkannya rekapitulasi gaji tahunan.



Disamping membutuhkan waktu yang lebih lama, keseriusan dan ketelitian yang tinggi guna melaksanakan proses perhitungan pajak yang disesuaikan dengan ketentuan PPh 21 bagi setiap karyawan di LPK-IMKA, pihak pimpinan juga dituntut untuk mengeluarkan tenaga tambahan guna membaca pelbagai laporan yang datang dengan pelbagai bentuk yang berbeda.


Melihat permasalahan yang ada, kemudian dibuat alternative guna mengembangkan sistem informasi penggajian dengan mengambil lokasi LPK-IMKA Jln. Veteran No 45 Semarang yang digunakan sebagai pilot proyek. Apabila sitem baru yang diusulkan ini sudah dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka untuk tahap berikutnya, sistem informasi penggajian yang ada dapat digunakan dan disebar luaskan kepelbagai lokasi LPK-IMKA lainnya.


Dengan adanya sistem informasi penggajian yang diusulkan, maka data mengenai pajak seorang karyawan, seperti misalnya: besarnya PTKP (Pendapatan Tidak kena Pajak), PKP (Pendapatan Kena Pajak), Biaya Jabatan ataupun Gaji Bersih setelah dipotong pajak dapat ditampilkan secara langsung pada slip gaji karyawan yang bersangkutan. Disamping itu, pihak LPK-IMKA juga dapat membuat rekapitulasi pajak tahunan yang dihasilkan dari keseluruhan karyawan, dan lainnya lagi.


Dengan demikian, waktu yang dipergunakan untuk memproses data penggajian cukup hanya dilakukan satu kali dan disamping itu, pihak LPK-IMKA juga akan mendapat keseragaman bentuk laporan dari masing-masing LPK-IMKA yang tersebar dipelbagai lokasi.



6.2. PENGOLAHAN DATA PENGGAJIAN SAAT INI

Secara umum, pengolahan data penggajian yang ada di LPK-IMKA pada saat ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

1. Tahap pengolahan gaji
Pada tahapan ini, pihak LPK-IMKA melakukan perhitungan lembur karyawan dan perhitungan pemotongan gaji yang didapat berdasar kasbon ataupun hutang setiap karyawan, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan rekapitulasi gaji karyawan. Untuk tahapan ini seluruh proses perhitungan sudah dikerjakan dengan menggunakan komputer.


2. Tahap Perhitungan Pajak
Berdasar rekapitulasi gaji yang dihasilkan pada tahap pertama, pihak LPK-IMKA kemudian mebuat perhitungan pajak PPh Pasal 21 bagi setiap karyawan. Seperti diketahui, pihak LPK-IMKA telah membuat kebijakan bahwa pelaksanaan PPh Pasal 21 adalah, 50% dibebankan kepada karyawan dan 50% menjadi tanggungan perusahaan. Pada tahapan ini, pihak LPK-IMKA menyelesaikannya dengan menggunakan program Bantu yaitu MS-Excell.


3. Tahap Pembuatan Slip Gaji
Berdasar perkejaan yang dihasilkan pada tahap kesatu dan dua, maka dapatlah dihasilkan slip gaji bagi setiap karyawan yang ada di LPK-IMKA.





6.3. KELEMAHAN SISTEM PADASAAT INI
Dikarenakan pemakaian komputer yang ada di LPK-IMKA pada saat ini belum mengarah sebagai alat bantu sistem informasi, maka dijumpai kelemahan-kelemahan sebagai berikut:
1. Tidak terdapatnya suatu sistem yang secara khusus menangani data penggajian, sehingga pengolahan data harus dilakukan secara terpisah-pisah dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya duplikasi ataupun kehilangan data.


Tidak terdapatnya keragaman language ataupun format data yang digunakan untuk menyimpan ataupun menghasilkan data keuangan. Contoh, Foxbase Programming Language digunakan untuk menghasilkan rekapitulasi gaji, dan MS-EXCELL digunakan untuk menghitung Pajak PPh 21 maupun pembuatan slip gaji karyawan.


Sebagai akibat dari 1 dan 2 diatas adalah:
a. Masalah waktu penyampaian informasi keuangan menjadi lambat, karena harus mengalami inputing dan proses yang berulang-ulang.

b. Masalah jumlah data yang diolah menjadi besar, karena data yang sudah di-input dalam Foxbase Programming Language, masih harus di-input ulang kedalam Lotus 123.


c. Masalah ketelitian informasi yang disampaikan, karena seperti dikatahui riwayat hutang (pinjaman) dari seseorang karyawan dalam sebuah slip gaji tidak bisa ditampilkannya rekapitulasi gaji tahunan.


d. Masalah kebenaran informasi yang disampaikan menjadi diragukan karena adanya pelbagai laporan yang datang dengan bentuk maupun format yang berbeda.




6.4. PEMBAHASAN SISTEM YANG DI USULKAN
Sistem informasi penggajian yang diusulkan tidak akan mengubah struktur organisasi yang ada, arus dokumen ataupun prosedur-prosedur lainnya yang telah ditetapkan sebelumnya. Hanya saja, beberapa formulir yang digunakan sebagai input data akan mengalami beberapa perubahan guna penyesuaian dengan apa yang dibutuhkan, demikian pula bentuk format laporan yang akan disajikan oleh komputer. Dalam hal ini, pihak LPK-IMKA juga dituntut untuk menyesuaikan dengan keadaan ini.


Dengan perubahan ini, data yang baru saja diperoleh dapat secara langsung diproses guna menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Pajak PPh 21 yang harus dibayar oleh setiap karyawan ataupun saldo piutang yang terjadi pada bulan lalu, secara otomatis akan menjadi saldo awal pada bulan berikutnya. Pada bulan yang bersangkutan, petugas pelaksana tinggal memasukkan transaksi baru pada bulan itu, tanpa harus membolak balik catatan mengenai hutang piutang pada bulan sebelumnya.


Dengan demikian, segala aktivitas dalam pengolahan data dan proses pencetakan laporan akan lebih efisien, yang artinya:
o Pelayanan administrasi dan informasi dapat terpenuhi pada saat yang tepat.
o Meminimumkan terjadinya Kesalahan.
o Keamanan Lebih Terjamin.
o Pengawasan atas kelancaran arus data lebih mudah.
o Kerapian dan Ketelitian bentuk penyajian laporan dapat ditingkatkan.






6.5. KEGIATAN AHIR BULAN DENGAN BANTUAN KOMPUTER
Setelah digunakannya komputer sebagai alat bantu, maka kegiatan keuangan pada akhir bulan akan mengalami perubahan sebagai berikut:
1. Mengumpulkan formulir lembur dan hutang. Kegiatan seperti ini tetap dilakukan, dan tidak mengalami perubahan sama sekali


2. Memasukkan data tunjangan ataupun hutang kedalam komputer. Data yang tertulis diatas formulir, kemudian dipindahkan atau dimasukkan kedalam komputer. Dalam memasukkan catatan lembur, operator komputer cukup memasukan nomor karyawan dan jumlah jam lembur pada saat itu. Secara otomatis komputer akan menyajikan besarnya rupiah lembur dalam satu bulan. Demikian pula halnya pada waktu memasukkan data mengenai data hutang ataupun kasbon dari karyawan.



3. Penyajian Laporan Keuangan. Dikarenakan didalam komputer sudah berisi data-data mengenai gaji pokok, besarnya lembur perjam, serta catatan hutang piutang ataupun besarnya pajak yang harus dibayar untuk masing-masing karyawan, maka pelbagai macam laporan yang dibutuhkan, dapat disajikan secara otomatis.



4. Menyerahkan Rekap dan Slip-gaji. Rekapitulasi gaji yang dihasilkan oleh komputer, kemudian diserahkan kepihak Bank. Berdasar rekap gaji ini, kemudian pihak Bank mengisi tabungan masing-masing karyawan sesuai dengan jumlah yang tertera. Satu lembar slip gaji kemudian diserahkan kepada karyawan, dan satu lagi disimpan sebagai arsip.



Dalam hal ini, pihak karyawan memang tidak menerima uang secara langsung, tetapi hanya menerima seberkas catatan yang tertulis diatas slip gaji. Gaji ditransfer melalui bank. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelasikan semua ini, hanya berkisar 30 menit.







6.6.HIRARCHI PENYAJIAN SISTEM KOMPUTER

Hirarchi penyaijian program komputer yang ada, telah disusun dengan urutan seperti yang nampak pada gambar.



Susunan menu program yang ada telah disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pemakainya dan pemakai kemudian tinggal memilih menu berdasar kebutuhannya


Untuk tahap pertama, seluruh data karyawan yang tersimpan didalam kartu induk pegawai, harus dipindahkan ataupun dimasukkan kedalam komputer terlebih dahulu, dan komputer akan menyimpannya kedalam FILE-INDUK. Adapun cara yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menjalankan program nomor 1 (satu), yaitu Maintenance Master Gaji Karyawan.



Apabila program ini dijalankan maka didalam layar monitor akan menampilkan suatu bentuk yang sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk asli dari Kartu Induk karyawan. Pelbagai pertanyaan yang muncul sebagai tampilan pada layar monitor, secara otomatis akan menuntun operator dalam memasukkan data. Dengan demikian, operator tinggal mengisi kolom demi kolom seperti halnya pada waktu mengisi Kartu Induk Karyawan yang masih berbentuk selembar kertas


Program ini juga dilengkapi dengan pelbagai sub-program yang bisa digunakan untuk: Memasukkan Data Karyawan, Mengkoreksi ataupun menghapus data yang sudah terlanjur disimpan didalam FILE INDUK.


Setelah data karyawan tersimpan didalam FILE INDUK, dan apabila diperlukan untuk dicetak diatas monitor ataupun diatas kertas printer, maka bisa digunakan Program Nomor 2 (dua), yaitu: Cetak Master Gaji Karyawan.



Dari laporan yang dihasilkan dapat dilihat secara jelas Nama Karyawan, Jabatan & Bagian, Gaji Pokok, Tunjangan Jabatan dan Besarnya Lembur per-jam yang mereka terima.


Program Nomor 3 (tiga) adalah Program Maintenance Data Lembur Karyawan. Program ini bisa digunakan untuk memasukkan data tunjangan karyawan kedalam komputer, dan pada akhirnya komputer akan menyimpannya didalam FILE TUNJANG.



Operator tinggal mengisi kolom demi kolom seperti halnya pada saat mengisi Kartu Tunjangan. Program juga dilengkapi dengan sub-program yang bisa digunakan untuk memasukkan data tunjangan, mengkoreksi ataupun menghapus data tunjangan yang sudah terlanjur masuk dan tersimpan dalam FILE TUNJANG.


Program ke-empat adalah Program Cetak Tunjangan Gaji Karyawan. Program ini dilengkapi dengan fasilitas untuk mencetak dilayar monitor ataupun diatas kertas printer.



Program Cetak Data Tunjangan Karyawan yang terdapat dalam urutan ke-empat, merupakan program yang bisa digunakan untuk mencetak hasil inputing program sebelumnya, yaitu Inputing Lembur Karyawan.


Program Maintenance Potongan Gaji Karyawan yang ada pada urutan kelima, bisa digunakan untuk memasukkan data mengenai hutang ataupun kasbon dari karyawan, dan komputer akan menyimpan data ini kedalam FILE POTONG.



Operator tinggal mengisi kolom demi kolom seperti halnya pada saat mengisi Kartu Potongan Pegawai. Dikarenakan data hutang piutang karayawan yang terjadi pada bulan yang bersangkutan selalu berhubungkan dengan data pada bulan sebelumnya, maka program ini tidak dilengkapi dengan fasilitas program untuk menghapus data potongan yang telah dimasukkan.


Program ke-enam adalah Program Cetak Potongan Gaji Karyawan. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mencetak dilayar monitor ataupun diatas kertas printer.



Data-data yang ditampilkan adalah Pinjaman Awal, Tanggal Pinjam, Angsuran, Tanggal Angsur, Kasbon, Tanggal Kasbon, Bayar Kasbon, Tanggal Bayar dan Total Bayar. Pada akhir laporan nampak adanya total pembayaran pada setiap halaman


Program ke-tujuh adalah Program Cetak Rekapitulasi Gaji Karyawan. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mencetak dilayar monitor ataupun diatas kertas printer



Program Cetak Rekapitulasi Gaji dilengkapi untuk mencetak bulanan ataupun tahunan. Dengan adanya program ini, maka seluruh data mengenai gaji pokok, tunjangan dan potongan ataupun besarnya pajak yang harus dibayar dari setiap karyawan akan segera ditampilkan diatas monitor ataupun kertas printer.



Pada Rekapitulasi gaji tahunan, bias nampak besarnya pajak yang harus dibayar oleh karyawan pada bulan bersngkutan serta besarnya pajak kumulutaip dalam satu tahun.


Program ke-delapan adalah Program Cetak Slip Gaji Karyawan. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mencetak dilayar monitor ataupun diatas kertas printer



Program Cetak Slip Gaji yang terdapat dalam urutan ke-delapan. Slip gaji akan menampilkan secara rinci mengenai berapa besar gaji yang harus diterima oleh seorang karyawan pada saat itu, serta besarya potongan dan pajak yang harus dibayarkan.


Program ke-9 adalah program Sorting Data Karyawan, yang bertujuan untuk meng-urutkan data yang tersimpan didalam File Induk. Program ini akan membaca nomor karyawan yang terdapat didalam FILE INDUK satu demi satu, dan apabila ditemukan nomor yang paling kecil, maka nomor tersebut akan dipindahkan sebagai urutan yang pertama.


Program ke-sepuluh adalah Proses Akhir Bulan. Setelah seluruh proses penggajian selesai dikerjakan, maka operator diminta untuk men-jalankan program ini.


Dengan adanya program ini, maka:
1. Seluruh data yang terdapat didalam FILE TUNJANG akan segera dihapus, yang berarti komputer telah siap menerima data-data lembur untuk bulan berikutnya.
2. Data yang terdapat didalam FILE POTONG juga akan mengalami perubahan, seperti misalnya:
 Pinjaman Akhir bulan ini akan dipindah menjadi Pinjaman Awal bulan lalu.
 Data mengenai Kasbon, Pembayaran Kasbon dan Sisa kasbon akan dihapus


Dengan demikian, program ini hanya boleh dijalan satu kali saja. Tentunya dengan catatan bahwa semua jenis laporan seperti misalnya: Laporan Master Gaji Karyawan, Laporan Lembur karyawan, Laporan Potongan Gaji Karyawan, Laporan Rekapitulasi Gaji, dan Slip Gaji pada bulan yang bersangkutan telah dicetak dan diperiksa kebenarannya.








6.7. FILE YANG DIBENTUK

File yang ada disini berfungsi untuk menyimpan segala macam data yang pada akhirnya bisa dipergunakan untuk keperluan proses berikutnya. Dalam hal ini, file yang terbentuk guna keperluan proses pembuatan program penggajian ini adalah:


a. FILE INDUK
File ini berfungsi untuk menampung data yang berasal dari Kartu Induk Karyawan serta menyimpannnya dalam random-file. Pemasukkan data dilakukan melalui keyboard. Adapun structure-file (susunan-file) yang ada adalah sebagai berikut:


Susunan file yang ada terdiri atas, Nomor Karyawan, Nama Karyawan, Alamat, Kota, Tanggal Lahir, Status Keluarga, Pendidikan, Bagian, Jabatan, Gaji Pokok, Tunjangan Jabatan dan Lembur/Jam.

b. FILE TUNJANG,
File ini digunakan untuk menampung dan menyimpan data lembur karyawan. serta menyimpannnya dalam bentuk random-file Pemasukkan data dilakukan melalui keyboard. Adapun structure-file (susunan-file) yang ada adalah sebagai berikut:


Susunan file ini terdiri dari Nomor Karyawan, Jam Lembur, Tunj. Lembur, Tunj. Beras, Tunj. Sehat, Tunj. Fungsionil., dan Tunjangan Lain


c. FILE POTONG
File ini digunkan untuk menampung dan menyimpan data hutang piutang karyawan serta menyimpannnya dalam bentuk random-file. Pemasukkan data dilakukan melalui keyboard. Adapun structure-file (susunan-file) yang ada adalah sebagai berikut:

Susunan File ini terdiri dari: Nomor Karyawan, Pinjaman Awal, bayar Pinjaman, Pinjaman Akhir, Angsuran, Tanggal Pinjam, Tanggal Bayar, Kasbon, Tanggal Kasbon, Tanggal Bayar Kasbon.


d. FILE TAHUN
File ini digunakan untuk menampung dan menyimpan data tahunan yang didapat dari hasil proses akhir bulan, serta menyimpannnya dalam bentuk random-file. Pemasukkan data didapat saat proses akhir bulan dilaksanakan. Adapun structure-file (susunan-file) yang ada adalah sebagai berikut:


Susunan File ini terdiri atas: Nomor Karyawan, Gaji Kotor 1 Thn, Pajak 1 Tahun.




LATIHAN

Pertanyaan Ulangan :
1. Seorang ahli komputer dituntut untuk mengetahui system lama yang tengah berjalan pada saat itu, langkah-langkah apa saja yang harus dilaksanakan untuk mengetahui system lama tersebut?
2. Pada saat melakukan analisa terhadap sistem yang tengah berjalan pada saat itu, apa saja yang harus disimpulkan?
3. Untuk membuat system baru yang diusulkan, kenapa sangat tergantung dengan system lama yang tengah berjalan pada saat ini?
4. Apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat system baru yang diusulkan?
5. Apa yang dimaksud dengan file dan dapatkah saudara memberi contoh mengenai jawaban saudara?
6. Apakah isi sebuah file itu bisa dihapus ataupun dikoreksi?, dapatkah Saudara memberi penjelasan mengenai jawaban saudara?
7. Apa bedanya laporan yang ditampilkan melalui monitor dan laporan yang dicetak diatas kertas melalui printer?




DAFTAR PUSTAKA :
1. G. Burch Jr, Fellix R Stater.,Computer Control And Audit A Total System Approach, John Willey & Sons, London 1999
2. Pengumuman / Peraturan Pemerintah, Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan (Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2000 tanggal 2 Agustus 2000)
3. Search Result,Visual Basic Online - full of code, product reviews and latest information for the Visual Basic Programmer Computers and Internet > Programming Languages
4. Search Result,Visual Basic Explorer - features tutorials, forums, book reviews, downloads, toolbox, source code, contests and more for the novice to intermediate level programmer.
5. Search Result,Visual Basic Developers Resource Centre - covering the Windows 95/NT4 APIs. includes code library, FAQ library, developer news, and extensive categorized VB-related links. Computers and Internet > Programming Languages > Visual Basic > Web Directories
6. Search Result,Visual Basic Web Directory - featuring categorized resources for VB programmers. Includes news, tutorials, forums, source code, tips, and more. Business and Economy > Business to Business > Computers > Software > Programming Tools > Languages > Basic
7. Search Result True BASIC - Computers and Internet > Programming Languages > Visual Basic > Microsoft Visual Basic
8. Search Result,Microsoft Visual Basic - Learn the latest information about Microsoft Visual Basic and related products. Computers and Internet > Programming Languages > BASIC > Shareware and Freeware
9. Search Result,Chipmunk Basic - an old fashioned Basic interpreter which runs on all Macs.




SEMOGA SUKSES


THANK'S

No comments:

Post a Comment